Viral Ghozali Sukses Meraup Miliaran Rupiah Berkat Bisnis Foto Selfie-nya di NFT, Apa itu NFT ?

Ilustrasi Non Fungible Token (NFT) yang sedang viral
Ilustrasi Non Fungible Token (NFT) yang sedang viral

Gemapos.ID (Jakarta) - Beberapa waktu ini, seorang pemuda bernama Ghozali sukses meraup uang miliaran rupiah berkat bisnis foto selfie-nya di Non Fungible Token (NFT) yang dijalankannya.  

Di media sosial Ghozali dikenal sebagai Ghozali Everyday, ia memilih untuk mengunggah foto selfie-nya sebagai produk NFT di OpenSea. Tak disangka, ternyata foto selfie tersebut mendapat banyak peminat, hingga ada yang laku terjual hingga puluhan juta rupiah. 

Dari akun OpenSea miliknya, terdapat 933 NFT yang semuanya merupakan foto selfie dirinya. Ghozali menjual foto selfie dirinya sebagai produk NFT selama lima tahun terakhir, dari 2017 hingga 2021. 

Untuk satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta hingga 0,7 Ethereum atau sekitar Rp 31 juta. 

Lalu, apa sebenanya NFT atau Non Fungible Token tersebut? 

NFT adalah semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya pada akhir tahun 2021. 

Selain itu, Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi. 

Dikutip dari CNN, NFT adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. 

Yang di maksud barang seni dan koleksi ialah, berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya. Meskipun bisa dipakai untuk membeli sesuatu, tetapi berbeda dengan aset kripto, NFT sulit untuk diperdagangkan. 

NFT memiliki beberapa keungulan, salah satunya terkait tingkat keasliannya. Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada yang bisa menirunya. 

Tidak hanya itu, NFT juga menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikasi. Beberapa situs yang menyediakan jual beli NFT, seperti Nifty Gateway, Mintable, Rarible, dan OpenSea.  

Sebelumnya, Maret tahun 2020, bos Twitter Jack Dorsey berhasil mengantongi 2,9 juta dollar AS dari penjualan tweet pertamanya melalui NFT. 

Selanjutnya, pemain basket Golden State Warriors, Stephen Curry, telah merilis replika digital dari sepatu miliknya, Genesis Curry Flows, yang menampilkan sneaker yang sama dengan yang dia gunakan saat berada di lapangan.

Ada juga, pesepak bola dunia, Lionel Messi, pertama kali meluncurkan koleksi NFT crypto pada Agustus 2021. Koleksi apa itu NFT crypto ini menampilkan tiga karya seni digital yang dibuat oleh seniman bernama BossLogic.(kmp/ap)