Daftar 7 Pebisnis Terkaya di Indonesia Berkat Batu Bara

ini daftar 7 pembisnis terkaya di Indonesia berkat batu bara
ini daftar 7 pembisnis terkaya di Indonesia berkat batu bara

Gemapos.ID (Jakarta) - Pertambangan batu bara merupakan ladang penghasilan uang bagi orang-orang terkaya di Indonesia. Bahkan menurut Presiden Joko Widodo pernah menyebut, orang-orang terkaya di Indonesia banyak yang berasal dari sektor pertambangan.

Indonesia sendiri saat ini tercatat menjadi negara pengekspor batu bara terbesar di dunia setelah Australia. Permintaan tinggi dari berbagai negara biasanya mendorong kenaikan harga batu bara. Maka tidak heran kalau pengusaha batu bara sering masuk daftar orang terkaya di Indonesia. Berikut ini daftar 7 pebisnis terkaya di Indonesia berkat batu bara:

1. Theodore Permadi Rachmat, Pengusaha berusia 78 tahun ini berada di urutan ke-15 orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan jumlah kekayaan bersih sebesar 3,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 44,41 triliun (kurs Rp 14.326). Ia mendirikan perusahaan sendiri yakni Triputra Group. Triputra diketahui memiliki bisnis batu bara besar lewat anak perusahaannya, Padang Karunia Group. Perusahaan itu berdiri pada tahun 2002 dan banyak beroperasi di Kalimantan Selatan. Kapasitas produksinya bahkan mencapai 15 juta ton per tahun.

2. Garibaldi Thohir, saat ini usianya 56 tahun. Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini masuk sebagai orang terkaya di Indonesia di urutan ke-17 versi Majalah Forbes. Total kekayaannya tercatat sebesar 2,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 37,24 triliun.

Salah satu sumber kekayaan terbesarnya berasal dari kepemilikan sahamnya di PT Adaro Energy. Kiprah bisnisnya tak hanya berkutat di batubara. Adaro saat ini adalah perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia.

3. Low Tuck Kwong adalah pemilik dari Bayan Resources yang masuk sebagai salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia. Saking besarnya skala produksinya, Bayan Resources juga memiliki pelabuhan milik sendiri. Majalah Forbes menempatkan pria berusia 73 tahun ini di urutan ke-18 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar 2,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 35,81 triliun.

4. Peter Sondakh adalah pengusaha batu bara yang menempati urutan ke-20 orang terkaya Indonesia dengan jumlah kekayaan bersih sebesar 2 miliar dollar AS atau Rp 28,65 triliun. Sumber pundi kekayaan pria berusia 71 tahun ini berasal dari Rajawali Corpora. Rajawali Corpora adalah induk perusahaan investasi terkemuka yang didirikan pada tahun 1984 dan berbasis di Jakarta. 

Dikutip dari laman resmi perusahaan, di sektor pertambangan, Rajawali Corpora memiliki 3 perusahaan besar yakni Archi Group, Golden Eagle Energy, dan Indo Mines Ltd. Untuk bisnis batu bara dikelola oleh PT Golden Eagle Energy Tbk yang mengelola tambang besar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

5. Kiki Barki adalah pengusaha batu bara yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia urutan ke-27. Total kekayaannya tercatat sebesar 1,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 22,92 triliun. Pria berusia 82 tahun ini merupakan pemilik emiten pertambangan batu bara PT Harum Energi Tbk (HRUM).

6. Edwin Soeryadjaya adalah pendiri perusahaan investasi Saratoga Capital, yang dia besarkan bersama Sandiaga Uno dan kini berganti nama menjadi Saratoga Investama. Saat ini, Edwin Soeryadjaya menjadi komisaris utama perusahaan tambang batubara besar, Adaro Energy Tbk. Pria berusia 72 tahun ini berada di urutan ke-29 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar 1,51 miliar dollar AS atau sekitar Rp 21,63 triliun.

7. Arini Saraswaty Subianto, ia adalah bos dari Persada Capital Investama yang bergerak di sektor perkebunan sawit, investasi, pertambangan batu bara, dan pengolahan kayu. Persada Capital tercatat juga menjadi salah satu pemegang saham Adaro, perusahaan penambang batu bara terbesar di Indonesia. Di usianya yang baru 51 tahun, harta kekayaannya tercatat sebesar 975 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 triliun. Majalah Forbes menempatkan Arini Subianto di urutan ke-44 sebagai orang terkaya di Indonesia.

 

Itulah daftar tujuh orang terkaya di Indonesia yang memiliki bisnis batu bara. Beberapa pengusaha yang masuk daftar merupakan pemilik saham Adaro Energy.(gmp/ap)