Yuk Simak, Ini Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi mata untuk tips menjaga kesehatan mata
Ilustrasi mata untuk tips menjaga kesehatan mata

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebelumnya di awal pandemi, kita sering menyaksikan kepanikan yang luar biasa. Pemerintah juga telah mengerahkan seluruh kemampuan untuk mengatasi wabah ini, dengan cara menerapkan berbagai kebijakan yang bertujuan untuk memutus rantai penularan pandemi Covid-19, salah satunya adalah social distancing atau menjaga jarak sehingga kita harus menjalankan seluruh aktivitas di rumah, seperti bekerja, beribadah, dan belajar.

Di masa pendemi itensitas setiap orang melakukan aktivitas dengan menatap komputer / telpon genggam menjadi lebih lama, maka mata kita akan kelelahan. Tentunya hal ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan mata. Lalu, bagaimana sih cara menjaga kesehatan mata saat situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini? Yuk, kita simak penjelasannya.

1. Konsumsi wortel

Ketika kita membahas tentang makanan yang bisa menyehatkan mata. Wortel adalah sayuran yang sangat mudah kita temui di pasar atau tempat perbelanjaan makanan. Sayuran ini sudah sangat terkenal akan manfaatnya bagi mata. Dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya mampu menjaga kesehatan mata kita.

2. Mengistirahatkan mata

Selain otak dan tubuh kita yang perlu diistirahatkan, ternyata mata juga harus diberi waktu istirahat. Untuk mengistirahatkan mata ada satu trik yang dapat kita lakukan yaitu dengan metode 20-20-20. Kita dapat melakukannya  setiap 20 menit mengalihkan mata kita dari komputer atau gadget lalu memandang benda yang jauh selama 20 detik. Dan cara ini dikatakan cukup ampuh untuk membantu mata kita menjadi lebih rileks dan tidah mudah lelah.

3. Periksa secara rutin

Memeriksakan mata ke dokter adalah hal yang paling sering dianggap remeh. Memeriksakan mata ke dokter berguna untuk memastikan bahwa tidak terjadi kelainan atau penyakit pada mata kita. Apabila saat pemeriksaan dan ditemukan kelainan, maka dokter dapat memberikan pengobatan segera sehingga tidak memperparah penyakit kita.

Kita harus menyayangi dan menjaga mata kita seperti kita menjaga barang kesayangan yang kita miliki.

Karena itu, perlu untuk mengonsumsi wortel, mengistirahatkan mata, dan selalu memeriksakan mata ke dokter agar kesehatan mata tetap terjaga, apalagi dalam situasi yang belum setabil seperti saat ini.

Untuk itu yuk, kita jaga kesehatan mata untuk mencapai masa depan yang cerah.(you/ar)