Yuk, Intip Profil Ryan D Firman Seorang Direksi Termuda di BUMN

Ryan D Firman  Direktur Keuangan, Investasi, dan Manajemen Risiko Jiwasraya
Ryan D Firman Direktur Keuangan, Investasi, dan Manajemen Risiko Jiwasraya

Gemapos.ID (Jakarta) - Ryan D Firman direksi termuda di BUMN, diusianya yang baru 31 tahun ia sudah menjadi Direktur Keuangan, Investasi, dan Manajemen Risiko PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Ryan D Firman ditetapkan sebagai Direktur Keuangan, Investasi, dan Manajemen Risiko Jiwasraya melalui surat pengangkatan dari Menteri BUMN dengan Nomor SK-281/MBU/08/2021 tanggal 25 Agustus 2021 lalu.

Sebelum bergabung dalam jajaran Direksi Jiwasraya, Ryan mengawali kariernya di anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) yakni, PT Mandiri Sekuritas pada 2012. 

Saat itu, dia menjabat sebagai Analyst Divisi Investment Banking, Ryan terus mengembangkan karirnya di Divisi Investment Banking hingga 2021. Bahkan, berbagai posisi telah diraih, di antaranya posisi Associate pada tahun 2014-2016, Assistant Vice President (AVP) pada tahun 2016-2018, Associate Director (VP) pada tahun 2018-2020, dan Executive Director (EVP) pada tahun 2020-2021.

Ryan Lahir di Australia dan ia berhasil memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada 2011 lalu. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memang fokus menjadikan generasi milenial mengisi posisi strategis di perusahaan pelat merah. 

Dari laporan yang dikutip dari dokumen resmi Kementerian BUMN. Erick mengatakan , porsi direksi milenial di BUMN sepanjang tahun lalu mencapai lima persen. 

"BOD (Board of Directors) BUMN millenials realisasinya mencapai target lima persen dari target 2023 sebesar 10 persen," katanya.

Mayoritas posisi strategis yang diisi kalangan milenial ini adalah jabatan direktur, yang secara teknis memahami alur bisnis perusahaan. Salah satunya, Ryan D Firman. 

Selain itu, adapun direksi muda lain adalah Viviana Dyah, direktur keuangan BRI yang baru berusia 43 tahun. Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano, juga baru berumur 42 tahun. Lalu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Ferry Harry M Adhi dan Direktur Operasi & Teknologi Informasi PT Pos Indonesia Hariadi yang sama-sama berusia 42 tahun.

Selanjutnya, Ada juga Rony Hanityo A, direktur investasi PT Taspen, yang masih berumur 41 tahun. Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha pun baru menginjak kepala 4. 

Selain itu, ada juga milenial di bawah usia 40 tahun yang menduduki jabatan direktur BUMN. Diantaranya, Soleh Ayubi yang menjabat direktur transformasi dan digital Biofarma pada usianya 38 tahun. Fajrin Rasyid, mantan bos e-commerce Bukalapak ini menjadi direktur digital business PT Telkom di usia 35 tahun. 

Sementara di perusahaan energi, ada Fadli Rahman yang menjabat direktur perencanaan strategis dan pengembangan bisnis Pertamina di usia 35 tahun.(okf/ap)