Gerak Cepat PLN, Perbaikan Listrik Imbas Banjir di Jayapura Telah Mencapai 97%

Ilustrasi PLN Melakukan Perbaikan Sistem Listrik di jayapura
Ilustrasi PLN Melakukan Perbaikan Sistem Listrik di jayapura

Gemapos.ID (Jakarta) - General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid di Jayapura, hari ini (10/1/22), mengatakan pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan sistem kelistrikan di Jayapura dan sekitarnya.

Hingga kemarin (9/1/2022) pukul 19.00 WIT,sebanyak 290 gardu listrik dari total 297 gardu PT PLN (Persero) terdampak banjir di Jayapura, Papua, telah dipulihkan.

"PLN bergerak cepat memulihkan sistem kelistrikan di Jayapura imbas dari banjir bandang yang merusak gardu dan infrastruktur kelistrikan di Jayapura," katanya.

Farid menyampaikan, bahwa hingga kemarin progress perbaikannya telah mencapai 97 persen, berarti tinggal tujuh gardu yang masih dalam pemulihan oleh petugas di lapangan.

"Hal ini disebabkan adanya gardu yang masih terendam banjir, kami telah mengerahkan sebanyak 225 petugas," katanya.

Ia juga menjelaskan, ada tiga lokasi terdampak banjir yang sedang dalam proses penormalan menunggu air surut yakni BTN Gajah Mada Sentani, Nimbokrang dan Kampung Ayapo di Kabupaten Jayapura, sebagian kompleks Organda Dalam Abepura di Kota Jayapura.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, untuk sementara listrik di lokasi-lokasi tersebut masih belum dapat kami nyalakan, diupayakan suplai listrik untuk pelanggan dapat segera pulih," katanya.

Iapun menbahkan, pihaknya mengajak masyarakat agar terus waspada di tengah intensitas hujan dan potensi bahaya cuaca ekstrem.

Farid juga menegaskan, Bagi masyarakat yang melihat terdapat potensi bahaya ketenagalistrikan, diharapkan segera melapor ke contact center PLN 123 dan PLN Mobile.

"Bagi masyarakat jangan berada di dekat jaringan listrik, gardu, panel PJU ataupun pohon yang berpotensi roboh ketika terjadi cuaca ekstrem," katanya. (ant/pa)