Simak Tanda-Tanda Anda Terserang Covid-19 Omicron

Laman The Sun mengatakan Covid-19 Varian Omicron dapat menular lebih cepat dibandingkan varian Delta.
Laman The Sun mengatakan Covid-19 Varian Omicron dapat menular lebih cepat dibandingkan varian Delta.

Gemapos.ID (Jakarta) - Laman The Sun mengatakan Covid-19 Varian Omicron dapat menular lebih cepat dibandingkan varian Delta. Namun, risiko rawat inap ini hanya 50%-70% lebih rendah dibandingkan varian Delta.

Berikut lima tahap infeksi SARS-CoV-2 varian omicron yang perlu diwaspadai manusia

Tahap pertama: kontak dengan orang tertular Covid-19 varian Omicron tidak diketahui secara pasti. Apalagi, virus ini bisa masuk hanya dengan menghirup udara yang terkontaminasi.

Orang berisiko lebih besar tertular Covid-19 Varian Omicron saat terlalu lama berada di dalam ruang tanpa ventilasi yang baik. Banyak orang beranggapan interaksi yang mereka lakukan dengan orang lain aman karena orang lain tersebut tak tampak sakit.

Untuk mencegah penularan Covid-19, pertemuan dengan orang yang tidak tinggal serumah akan lebih baik dilakukan di ruang terbuka. Kunci dasar dalam melindungi diri dari ancaman Covid-19 adalah vaksinasi Covid-19 lengkap yang disertai booster (penguat).

Langkah lain yang harus dilakukan adalah menggunakan masker yang baik dengan benar, menjaga kebersihan tangan, dan menghindari kerumunan serta tempat-tempat berisiko.

Tahap kedua: gejala timbul sekitar dua atau tiga hari, tetapi tidak semua orang akan merasakan gejala selama tubuhnya berjuang melawan infeksi Covid-19. Kebanyakan orang tidak merasakan sakit sama sekali dalam beberapa hari pertama sehingga tak sadar bahwa virus sedang berada dalam masa inkubasi.

Tahap tiga: ini bermula ketika gejala awal mulai muncul seperti sakit pinggang, berkeringat pada malam hari, dan rasa gatal di tenggorokan.

Selain itu sakit kepala, nyeri badan, meler, bersin, mual, dan kehilangan nafsu makan. 

Tahap empat: ketika menjalani tes Covid-19 setelah mengalami gejala-gejala kemungkinan besar hasilnya akan positif. 

Inggris merekomendasikan warganya untuk melakukan rapid lateral flows terlebih dahulu dan melanjutkan dengan tes polymerase chain reaction (PCR) kalau hasilnya positif.

Tahap lima: jalani isolasi setelah terkonfirmasi positif Covid-19 selama tujuh hari.

Setiap orang akan merasakan gejala Covid-19 Omicron seperti terkena pilek yang berat yang setelah isolasi tujuh hari akan membaik. Dia bisa merasa lemah selama sepekan. (pmj/mam)