Ini Sepak Terjang Rachmat Kaimuddin, Mantan CEO Bukalapak

Mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin
Mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin

Gemapos.ID (Jakarta) - CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin mengundurkan diri dari posisinya. Dia mengundurkan diri dari jabatan Direktur Utama PT Bukalapak.com TBK setelah mengajukan surat permohonan diri sejak Selasa (28/12/22).

Pria kelahiran Makassar, 15 April 1979 tersebut merupakan lulusan S2 di Stanford Graduate School of Bussines, California, pada 2008 dengan gelar Master of Business Administration (MBA).

Sebelumnya, Ia mengenyam pendidikan di SMA Taruna Nusantara pada 1997, dan menyelesaikan S1 di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Boston, Amerika Serikat, di bidang kelistrikan dan mendapatkan gelar Bachelor of Science atau B.Sc.

Selepas menganyam pendidikan, Rachmat memulai karirnya di AS sebagai Hardware Design Enginer di Teradyne, Inc., Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perancangan dan produsen peralatan uji otomatis.

Setelah itu, Rachmat pernah menjajaki menjadi konsultan di Boston Consultan Grup.(2003/2006) dan akhirnya pindah ke International Finance Corporation  (IFC) pada 2007. 

Rachmat telah menjajaki berbagai profesi di luar negeri hingga akhirnya pada 2014 ia menjabat sebagai Dirut PT Semen Bosowa Maros. Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat sebagai Director of Finance Bank Bukopin hingga 2020. Bahkan ia juga pernah menjadi komisioner di bank yang sama.

Hingga akhirnya, ia menggantikan Achmad Zaky sebagai CEO Bukalapak sejak Januari 2020. Kini, setelah hampir dua tahun menjabat Rachmat Kamiudin mengundurkan diri dari posisinya dan memilih untuk melanjutkan karirnya sebagai abdi negara. Sehingga, posisinya sekarang digantikan oleh Willix Halim.

Rachmat akan menjalankan tugas baru di pemerintahan dan bergabung ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan. Ia akan menjadi Technology & Sustainabilty Development Special Advisor. (ar)