Upaya Kominfo Kebut Pembangunan Infrastruktur Digital

Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi
Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) telah berupaya memanfaatkan satelit Palapa dengan maksimal untuk meningkatkan kualitas jaringan di Indonesia. 

Beberapa evaluasi dalam penggunaan satelit Palapa juga telah dilakukan agar tidak ada kendala berkelanjutan.

Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi menyatakan Kementerian Kominfo telah melakukan penggelaran jaringan kabel serat optik Palapa Ring, baik Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, maupun Palapa Ring Timur.

“Peningkatan utilisasi Palapa Ring masih membutuhkan penggelaran fiber optic untuk menghubungkan titik fiber optic yang belum terhubung, baik di darat maupun di laut” katanya kemarin (30/12/2021).

Selain itu, berkat peningkatan infrastruktur di lapisan middle mile melalui penyediaan kapasitas satelit, Indonesia saat ini telah menggunakan sembilan satelit telekomunikasi yang setara dengan 50 Gbps.

“Pada tahun 2021 telah dimulai rangkaian proses konstruksi Satelit multifungsi Satria Satu dengan kapasitas 150 Gbps” kata Dedy.

Tahun ini Kementerian Kominfo juga telah menyelsaikan penataan spektrum frekuensi radio untuk optimalisasi kualitas layanan jaringan 4G, pengembangan jaringan 5G, serta menyukseskan program Analog Switch Off (ASO). 

Sementara itu, Pada tahun 2022 Kementerian Kominfo akan fokus menyelesaikan pembangunan di lapisan backbone hingga last mile.

Perbaikan jaringan di sektor lain juga bakal dilakukan dalam waktu dekat. Kominfo berjanji bakal memberikan konektivitas jaringan terbaik agar perkembangan ekonomi digital bisa maksimal. (ra)