Menag Sebut Persoalan Pencopotan Empat Dirjen Sudah Selesai

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas enggan membahas lebih lanjut soal pencopotan empat orang Dirjen Bina Masyarakat (Bimas) Kristen, Katolik, Hindu dan Budha yang menuai polemik belakangan ini. Ia mengklaim persoalan tersebut sudah selesai.

"Itu enggak usah dibahas deh itu. Sudah selesai, sudah lewat," kata Yaqut kepada wartawan di Kantor Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (29/12).

Mereka di antaranya Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto, Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samodro, Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury dan Dirjen Bimas Budha Caliadi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali mengklaim para pejabat tersebut telah dimutasi ke jabatan fungsional per 6 Desember 2021.

Beberapa pejabat eselon I yang dicopot Yaqut itu mengaku keberatan dengan keputusan tersebut. Salah satunya Thomas Pentury menilai pencopotannya cacat prosedur. Ia bahkan berencana menggugatnya ke PTUN.

"Kita PTUN kan. Kita orientasinya mekanisme dan prosedur pengusulan pemberhentian itu. Kalau Surat Keputusan (SK) kan mutlak dari presiden. Tapi prosedur sampai dia masuk ke pemberhentian itu menurut saya ada cacat," kata Thomas kepada CNNIndonesia.com dilansir gemapos.id, Rabu (29/12).

Sementara itu, Yohanes Bayu Samudro mengaku iklas atas keputusan pencopotan dirinya dari jabatan Dirjen Bimas Katolik. (an)