6 Obat Akan Dipakai Pemerintah Indonesia Atasi Covid-19

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengimpor Paxlovid sebagai obat Covid-19 buatan Pfizer pada Januari 2022. Kebijakan ini ditempuh setelah penggunaannya diizinkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

"Obat obatan baru kita siapkan. Dua yang sudah diapprove FDA, Monupilavir dan Paxlovid. Insya Allah di bulan Januari sudah bisa kita datangkan," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Kantor Menko PMK pada Rabu (29/12/2021).

Namun, kapan dan berapa jumlah Paxlovid yang tiba di Indonesia tidak disebutkan secara rinci. Obat ini dinilai bisa mencegah kematian hingga 90% dan mencegah rawat inap hingga 70%.

Pfizer menyebut ujicoba diberikan kepada orang yang berisiko tinggi dan telah divaksinasi, sehingga mereka tidak meninggal dunia.

Indonesia sudah berniat mengimpor Paxlovid sejak beberapa waktu lalu. Selain itu juga menargetkan obat Molnupiravir produksi Merck.

Pemerintah Indonesia menggunakan enam jenis obat sebagai pengobatan pasien Covid-19 bergejala sedang-berat dengan pengawasan dokter yakni Favipiravir, Remdesivir, Tocilizumab, IVIg, Oseltamivir, Azithromycin, dan Ivermectin. (pmj/mam)