Apa Ada Calon Anggota KPU dan Bawaslu Jujur?

KPU22
KPU22
GemaposID (Jakarta) - Tim seleksi (timsel) calon anggota KPU dan Bawaslu menerapkan skrining wajah pada tahapan seleksi tes tertulis, penulisan makalah, dan psikologi dasar. Langkah ini sebagai upaya agar proses seleksi berjalan jujur.
Penyelenggara ini memastikan setiap peserta yang masuk ke ruang ujian telah terdaftar dan lulus seleksi administrasi.
“Makanya tadi, setiap mau masuk ruangan ada monitor yang kita bisa memasang muka kita, dan kemudian dipindai (atau) discan dan akan keluar identitas kita sesuai yang ada di KTP,” kata Ketua Timsel Juri Ardiantoro di Jakarta pada Rabu (24/11/2021).
Tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu akan memilih 14 orang untuk calon anggota KPU dan 10 orang calon anggota Bawaslu yang diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka yang terpilih diharapkan merupakan orang yang memiliki integritas tinggi lantaran sebagai fasilitator kontestasi pemilu.
Para cxlon anggota yang terpilih juga diharapkan menjadikan KPU dan Bawaslu sebagai organisasi yang kuat dan mampu membangun perbaikan pemilu serta demokrasi Indonesia pada masa depan
Dari data data yang diterima Timsel, 45 dari 630 peserta yang berhak melanjutkan ke tahap seleksi tes tertulis, penulisan makalah, dan psikologi dasar tidak hadir mengikuti tahapan dan satu orang mengundurkan diri.
Peserta yang tidak mengikuti tahapan kali ini yaitu 30 orang pelamar anggota KPU dan 15 orang pelamar anggota Bawaslu.