Partai Nasdem Bantah Usung Capres Anies Baswedan

ahmad ali partai nasdem
ahmad ali partai nasdem

Gemapos.ID (Jakarta) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menyatakan setiap partai berhak mengikuti ajakan konvensi capres 2024 yang akan digelar olehnya pada 2022. Konvensi ini bertujuan memberikan kesempatan anak-anak negeri mencalonkan diri sebagai presiden.

"Metode konvensi itu memberikan kesempatan pada anak-anak negeri, rakyat Indonesia untuk memilih pemimpin yang memang diharapkan," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem, Ahmad Ali.

Konvensi Capres 2024 yang digelar Partai Nasdem tidak bersifat egosentris dan akan memilih pemimpin tanpa dimonopoli oleh para kader partai. Sejumlah partai politik telah mengusulkan ide Konvensi Capres 2024. 

"Partai Nasdem akan melakukan konvensi capres itu setelah memiliki koalisi, dan saat ini sudah ada beberapa partai yang sedang kami matangkan untuk bersama sama lakukan kovensi itu," ujarnya. 

Ahmad membantah Partai Nasdem akan mencalonkan Anies Baswedan dalam Konvensi Capres 2024. Siapapun tokoh bisa menjadi calon terbaik yang dipilih oleh masyarakat dalam konvensi tersebut.

Sebelumnya, Partai Nasdem mengumumkan Konvensi Capres 2024 akan digelar pada 2022. Konvensi ini merupakan wujud keterbukaan partainya untuk anak-anak bangsa yang memiliki potensi memimpin bangsa dan negara sesuai amanat konstitusi.

"Konvensi ini akan mengedepankan prinsip transparansi dan bottom-up, sehingga berefek positif pada penguatan kelembagaan partai sebagai ruang dan basis rekrutmen kepemimpinan nasional," kata Sekjen DPP Partai Nasdem, Johnny G. Plate. 

Partai Nasdem mengajak partai politik berkoalisi agar menghasilkan capres untuk Pilpres 2024. Konvensi capres ini bertujuan menghasilkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang memiliki atau mendapat tiket pemilihan presiden 2024.