Kereta Api Malang-Jakarta Tak Berangkat Akibat Banjir

Luman Arif
Luman Arif

Gemapos.ID (Jakarta) - Perjalanan kereta api jarak jauh dari Kota Malang, Jawa Timur menuju Jakarta dibatalkan akibat dampak cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Perjalanan kereta api yang dibatalkan adalah Kereta Api Jayabaya Malang-Pasar Senen dan Kereta Api Gajayana Malang-Gambir.

"Banjir tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir juga mengalir cukup deras, dan mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus," kata Luman Arif, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya.

Pondasi batu balas pada rel tergerus, perlu waktu untuk proses perbaikan prasarana jalur rel. Hingga saat ini KAI Daop 1 Jakarta tengah melakukan upaya maksimal untuk memperbaiki prasarana terdampak tersebut.

Banjir tersebut memberikan dampak pada petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang, Cikarang, Bekasi kilometer 55+100 sampai 53+600.

"Kondisi jalur rel terdampak banjir belum dapat dilalui untuk perjalnan kereta api, sehingga seluruh perjalanan kereta api pada Senin 22 Februari 2021 tujuan Stasiun Senen dan Stasiun Gambir dibatalkan," ucapnya.