Sebanyak 34 Tewas Akibat Gempa di Sulbar

BNPB-gemapos
BNPB-gemapos
Gemapos.ID (Jakarta) - Pusat Pengendali Operasi BNPB mencatat sebanyak 34 orang meninggal dunia akibat gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) sampai Jumat (15/1/2021) pukul 14.00 WIB. Dari angka ini 26 orang meninggal di Kabupaten Mamuju sebesar delapan orang di Kabupaten Majene. Titik pengungsian di Kabupaten Majane antara lain di kota Tinggi, Desa Lombong, Desa kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking,Desa Mekata, Desa Kabiraan,Desa Lakdading, Desa Lmbang, Desa Limbua di Kecamatan Ulumanda, Kecamatan Malunda, dan kecamatan Sendana. Untuk titik pengungsian di Kabupaten Mamuju terdapat di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat di Mamuju dan Majene mewaspadai gempa susulan sekaligus menjauhi area pantai. Gempa yang terjadi di sekitar Majene termasuk gempa dangkal dengan pusat kedalaman 10 kilometer dari permukaan.

BMKG mencatat 28 kali gempa susulan sejak Kamis (14/1/2021) hingga Jumat (15/01/2021). Pusat gempa di pantai memungkinkan terjadinya longsor bawah laut.

Dengan demikian, gempa ini masih berpotensi tsunami apabila ada gempa susulan berikutnya dengan pusat gempa masih di pantai atau di pinggir laut. (m3)