Besok! Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Jakarta Fair Kemayoran 2024

Direktur Marketing PT Jakarta International Expo Ralph Scheunemann saat ditemui di Gedung Niaga JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024). (foto:gemapos/antara)
Direktur Marketing PT Jakarta International Expo Ralph Scheunemann saat ditemui di Gedung Niaga JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024). (foto:gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri malam pembukaan pameran terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fair 2024 di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Rabu (12/6) malam.

"Iya betul dibuka Pak Presiden," kata Direktur Marketing PT Jakarta International Expo Ralph Scheunemann saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Kemudian Ralph mengatakan malam pembukaan Jakarta Fair 2024 di area panggung utama tersebut juga akan dimeriahkan oleh pesta kembang api dan penampilan musik dari duo penyanyi, OKAAY. Ajang pameran terbesar, terlengkap dan terlama, Jakarta Fair Kemayoran 2024 tersebut berlangsung selama 33 hari mulai 12 Juni-14 Juli 2024.

Adapun Jakarta Fair yang merupakan agenda tahunan untuk menyambut HUT Kota Jakarta ini diselenggarakan ke-55 kalinya tahun ini.

"Jakarta Fair ini sudah lahir dari tahun 1968, dan karena sempat vakum dua tahun, tahun ini menjadi Jakarta Fair yang diselenggarakan ke-55 kalinya," kata Ralph dalam konferensi pers di JI-Expo Kemayoran Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kemudian Ralph merinci harga tiket masuk dijual mulai Rp40 ribu, yakni pada hari Senin saja, namun tidak termasuk tiket masuk konser.

Sedangkan pada Selasa-Jumat, harga tiket sebesar Rp50 ribu dan akhir pekan Sabtu-Minggu dan hari libur bersama Rp60 ribu.

Untuk tiket masuk gabungan (bundling) pameran dan konser dijual bervariasi mulai Rp80 ribu hingga Rp180 ribu. Pameran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.550 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.550 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan.

Adapun para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, dan kecil, BUMN, serta anjungan pemerintah provinsi dan kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

"Komposisi persentase peserta yakni 60 persen dari sektor swasta dan 40 persen dari sektor UMKM. UMKM ini juga beragam ada yang binaan dari pemerintah, maupun UMKM swasta," kata Ralph.

Kemudian, berbagai produk UMKM serta koperasi dari berbagai provinsi di Indonesia akan menempati Hall-B3 dan C3, serta tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

Dalam acara tersebut, para peserta Jakarta Fair Kemayoran 2024 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, gadget dan  komputer serta alat olah raga.

Selain itu, ada juga fesyen dan garmen, perlengkapan rumah tangga, furnitur, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal dan obat-obatan, perbankan, produk jasa, kosmetik dan lain-lain.(pa)