Mentan Libatkan Ribuan Mahasiswa dalam Program Pertanian Modern-PAT

Kementerian Pertanian (Kementan) Andi Amran Sulaiman (Baju putih) saat melepas secara simbolis Mahasiswa Polbangtan dan PEPI di Bogor, Jawa Barat, Senin (10/6/2024). (foto:gemapos/pertaniangoid)
Kementerian Pertanian (Kementan) Andi Amran Sulaiman (Baju putih) saat melepas secara simbolis Mahasiswa Polbangtan dan PEPI di Bogor, Jawa Barat, Senin (10/6/2024). (foto:gemapos/pertaniangoid)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melepas 1.000 mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) dalam program pertanian modern serta program perluasan area tanam (PAT) yang sedang digencarkan Kementan.

Mentan Amran mengatakan mahasiswa ini sangat strategis terutama dalam meningkatkan produksi melalui pemanfaatan teknologi mekanisasi, Senin (10/6/)

“Sementara yang kami lepas kurang lebih 1000 orang, tapi berikutnya kemungkinan bisa 5000, bisa juga 10.000. Mereka secara khusus diberi tugas untuk menjaga pangan kita melalui optimalisasi pompa dan mekanisasi,” kata Amran saat melepas secara simbolis Mahasiswa Polbangtan dan PEPI di Bogor, Jawa Barat, dikutip gemapos.id, di Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Amran juga mengungkapkan, mahasiswa yang dilibatkan ini mempunyai strategi khusus yang akan menjadi contoh disektor pertanian modern di masa mendatang.

“Ini strategi yang sangat menguntungkan anak muda. Kenapa? Kita sudah gunakan teknologi tinggi dan membuat pertanian milenial merasa terhormat,” kata Amran.

Selain itu, Amran menekankan bahwa pertanian modern ini tentunya menggunakan teknologi yang tinggi, tidak ada lagi yang menggunakan manual,” katanya.

“Jadi Mimpi kita, rencana kita pembangunan klaster pertanian modern 5.000-10.000 hektar ini nantinya akan menggunakan teknologi, mengolah tanah pakai traktor, panen pakai combine harvester, menanam menggunaka rice transplanter, dan memupuk/menyemprot pestisida mengunakan drone, yang sejajar dengan negara maju,” sambung Amran. (dm)