Begini Cara Mengolah Buah Bit yang Benar Agar Tidak Bau Tanah

Ilustrasi- Beetroot (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Beetroot (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta) - Buah bit, dengan warna merah ungu yang khas, memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah ini kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Namun, salah satu kendala utama dalam mengonsumsi buah bit adalah aroma dan rasa tanah yang kuat. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah buah bit agar tidak bau tanah:

1. Memilih Buah Bit yang Segar

Langkah pertama untuk menghindari bau tanah adalah memilih buah bit yang segar. Pastikan kulitnya mulus, tidak keriput, dan batang serta daunnya masih segar. Buah bit yang segar cenderung memiliki rasa yang lebih manis dan lebih sedikit rasa tanah.

2. Membersihkan Buah Bit dengan Benar

Membersihkan buah bit adalah langkah penting untuk menghilangkan bau tanah. Berikut cara membersihkannya:

Cuci dengan Air Mengalir: Gunakan sikat sayuran untuk menggosok permukaan buah bit di bawah air mengalir. Hal ini membantu menghilangkan sisa tanah yang menempel pada kulit.

Kupas Kulitnya: Setelah dicuci bersih, kupas kulit buah bit menggunakan pisau atau pengupas sayuran. Kulit buah bit seringkali menyimpan bau tanah yang kuat.

3. Merendam dalam Air Asam

Merendam buah bit dalam air asam dapat membantu menghilangkan bau tanah. Campurkan air dengan sedikit cuka atau jus lemon, kemudian rendam potongan buah bit selama beberapa menit sebelum dimasak. Asam dari cuka atau lemon akan membantu mengurangi bau tanah.

4. Merebus dengan Rempah-rempah

Merebus buah bit dengan rempah-rempah juga dapat mengurangi bau tanah. Beberapa rempah yang dapat digunakan antara lain:

Jahe: Menambahkan potongan jahe ke dalam air rebusan dapat membantu menghilangkan bau tanah.

Daun Salam dan Serai: Menambahkan daun salam dan serai juga bisa membantu memberikan aroma yang lebih segar pada buah bit.

Bawang Putih dan Bawang Merah: Bawang putih dan bawang merah dapat memberikan rasa yang lebih kaya dan mengurangi bau tanah.

5. Menggunakan Teknik Memasak yang Tepat

Cara memasak juga mempengaruhi aroma buah bit. Berikut beberapa teknik memasak yang bisa dicoba:

Panggang: Memanggang buah bit dalam oven dapat membantu mengurangi bau tanah. Bungkus buah bit dengan aluminium foil dan panggang pada suhu 200°C selama sekitar 45 menit hingga empuk.

Kukus: Mengukus buah bit juga bisa menjadi alternatif untuk menjaga nutrisinya dan mengurangi bau tanah.

Blender untuk Jus atau Smoothie: Campurkan buah bit dengan buah-buahan lain seperti apel, wortel, atau jeruk untuk membuat jus atau smoothie. Kombinasi rasa dari buah-buahan lain akan menutupi bau tanah.

6. Membuat Salad

Mengolah buah bit menjadi salad dengan bahan tambahan lainnya bisa mengurangi rasa tanah. Potong buah bit yang sudah dikukus atau dipanggang, lalu campurkan dengan sayuran segar, keju, dan saus salad. Bahan tambahan seperti cuka balsamic atau jus lemon pada saus salad juga membantu menghilangkan bau tanah.

7. Menyimpan dengan Benar

Simpan buah bit di tempat yang sejuk dan kering untuk menjaga kesegarannya. Hindari menyimpan buah bit terlalu lama karena dapat meningkatkan bau tanahnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengolah buah bit dengan benar sehingga tidak berbau tanah dan tetap menikmati manfaat kesehatannya. Selamat mencoba!(ra)