Hashim Ungkap Keluarganya Miliki Campuran Darah Cina Hingga India

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo saat memberikan sambutan dalam acara Soft Launch Kuil dan Gedung serbaguna Shri Sanatana Dharma Aalayam, Jakarta Murugan Temple, Jakarta Barat, Sabtu (8/6/2024). (gemapos)
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo saat memberikan sambutan dalam acara Soft Launch Kuil dan Gedung serbaguna Shri Sanatana Dharma Aalayam, Jakarta Murugan Temple, Jakarta Barat, Sabtu (8/6/2024). (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo mengungkap bahwa kakaknya Prabowo Subianto pernah melakukan tes DNA terkait darah keluarga mereka. Hal itu disampaikan Hashim saat memberikan sambuta dalam acara Soft Launch Kuil dan Gedung serbaguna Shri Sanatana Dharma Aalayam, Jakarta Murugan Temple, Jakarta Barat, Sabtu (8/6/2024).

"Saya hari ini akan buka rahasia ini rasa keluarga saya belum pernah singgung di depan umum," ucapnya saat sambutan dihadapan para hadirin dan undangan.

Hashim kemudian membeberkan hasil tes DNA yang dilakukan oleh Prabowo. Dirinya menceritakan beberapa hasil menunjukan darah keluarga mereka memiliki campuran berbagai suku di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

"Kakak saya pernah bisik-bisik ini saya baru dapat hasil tes DNA. Tes DNA ini memberitahu keluarga kami ini dari mana. Ada kejutan ternyata hasilnya, bahwa benar darah keluarga kami ada keturunan Asia Tenggara, Jawa, Minahasa dan lain-lain," beber Hashim.

"Hasil juga menunjukkan kepada kami ada darah Eropa, kulit putih. Dan kami sudah tahu karena salah satu rumah nenek kami keturunan Belanda. Kami juga ada informasi darah Tiongkok," imbuhnya.

Soal keturunan Tiongkok, Hashim menuturkan hal itu mungkin karena mereka dari keturunan bangsawan kerajaan jaman dulu. Sehingga hal itu memungkinkan terjadinya hubungan dengan kerajaan di Cina. 

Hashim kemudian mengatakan hasil yang paling mengejutkan adalah adanya darah India dan membuat Prabowo kala itu bingung. 

"Kami tahu mungin karena kami keturunan bangsawan Mataram mungkin dari salah satu Putri dikirim dari Bangsa Raja Tionghoa atau mungkin dari mana. Yang kejutan adalah, ternyata kami juga memiliki darah India," ujar Hashim yang disambut riuh hadirin.

Pada momen tersebutm Hashim kemudian mempraktikan ucapan Prabowo saat mengetahui keluarga mereka memiliki darah keturunan India.

"Mungkin nggak kita punya darah India. Hidung kita pesek. Orang India kan mancung-mancung semua kan. Kita pikir-pikir darimana ya darah India ini," ujarnya mempraktikan Prabowo.

"Prabowo kemudian yang bilang eyang kakung hidungnya gede, Papi juga hidungnya gede, anakmu si Aryo juga hidungnya juga gede," imbuhnya.

Hashim yang juga dikenal sebagai pengusaha besar RI itu menjelaskan terkait Indonesia dan India 1500 tahun yang lalu pernah memiliki hubungan dengan kerajaan Cola terletak di tamil nadu dan Kelara.

Turut hadir pada acara peresmian tersebut Dubes India untuk Indonesia Shri Sandeep Chakravorty, Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI Prof. I Nengah Duija, Komisaris Utama ASABRI Fary Francis, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria.

Juga hadir Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol. (Purn) Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Abdul Wachid, Sekko Jakarta Barat Indra Patrianto, Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin, Mantan Anggota DPR RI Nurdin Tampubolon, serta tamu dan undangan dari beberapa negara seperti Singapura, Malaysia dan Sri Lanka.(ns)