5 Cara Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas

Ilustrasi- Merebus Telur (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Merebus Telur (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta) - Merebus telur mungkin terdengar sederhana, namun banyak orang sering menghadapi masalah telur pecah saat direbus atau sulit dikupas setelah matang. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk merebus telur agar tidak pecah dan mudah dikupas.

1. Pilih Telur yang Tepat

Usia Telur:Telur yang Lebih Tua: Telur yang berusia sedikit lebih tua (sekitar 1-2 minggu) cenderung lebih mudah dikupas dibandingkan telur yang sangat segar. Telur yang lebih tua memiliki kantong udara yang lebih besar, sehingga membrannya lebih mudah terlepas dari kulit telur.

2. Persiapan Sebelum Merebus

  • Suhu Telur:Suhu Ruang: Biarkan telur mencapai suhu ruang sebelum direbus. Telur yang dingin langsung dari kulkas lebih rentan pecah saat terkena air panas.
  • Periksa Telur: Periksa Keretakan: Periksa telur untuk memastikan tidak ada keretakan sebelum direbus. Telur yang retak lebih mungkin pecah selama proses perebusan.

3. Teknik Merebus Telur

  • Gunakan Panci yang Sesuai: Ukuran Panci: Gunakan panci yang cukup besar sehingga telur dapat terendam seluruhnya dan tidak saling bertabrakan saat direbus.
  • Tambahkan Air: Air Dingin: Isi panci dengan air dingin hingga menutupi telur sekitar 1-2 cm di atas permukaan telur.
  • Tambahkan Garam dan Cuka: Tambahkan sejumput garam dan sedikit cuka ke dalam air. Garam membantu mencegah telur pecah, sementara cuka membantu mempermudah pengelupasan kulit telur.

4. Rebus Telur

Panaskan panci dengan api sedang hingga air mulai mendidih perlahan. Setelah air mendidih, kecilkan api dan biarkan telur matang selama waktu yang diinginkan:

  • 6-7 menit untuk telur setengah matang dengan kuning telur yang masih agak cair.
  • 9-12 menit untuk telur matang dengan kuning telur yang keras.

5. Proses Setelah Merebus

  • Pendinginan Cepat:Air Dingin atau Es: Setelah waktu perebusan selesai, segera angkat telur dan masukkan ke dalam mangkuk berisi air es atau air dingin. Ini akan menghentikan proses memasak dan membantu membuat telur lebih mudah dikupas.
  • Kupas Telur:Retakkan Kulit: Gulingkan telur dengan lembut di permukaan datar untuk meretakkan kulitnya. Kupas kulit telur mulai dari bagian yang lebih lebar, di mana biasanya terdapat kantong udara, sehingga lebih mudah mengupasnya.

Tips

  • Metode "Steaming":Mengukus Telur: Alternatif lain adalah dengan mengukus telur. Letakkan telur di dalam saringan kukus di atas panci berisi air mendidih dan tutup panci. Kukus selama 10-12 menit. Telur yang dikukus cenderung lebih mudah dikupas karena uap membantu memisahkan membran dari kulit telur.
  • Mengguncang Telur:Metode "Shaking": Setelah telur dingin, masukkan beberapa telur ke dalam wadah yang berisi sedikit air dan tutup rapat. Guncangkan wadah dengan lembut untuk meretakkan kulit telur. Cara ini bisa membantu memudahkan pengelupasan kulit.

Merebus telur agar tidak pecah dan mudah dikupas memerlukan beberapa langkah persiapan dan teknik yang tepat. Memilih telur yang tepat, memastikan suhu yang sesuai, menambahkan sedikit garam dan cuka ke dalam air, serta melakukan pendinginan cepat setelah perebusan adalah beberapa trik yang dapat membantu. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menikmati telur rebus yang sempurna tanpa masalah. Selamat mencoba!(pa)