Bangga! Siswa SMPN 7 Bandung Sabet Mendali Emas Kejuaraan Ice Skating Nasional

Najla Argyanti Rahmafa berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Ice Skating bertajuk "Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2024" kategori Seluncur Indah (Figure Skating). (gemapos/doc.probadi)
Najla Argyanti Rahmafa berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Ice Skating bertajuk "Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2024" kategori Seluncur Indah (Figure Skating). (gemapos/doc.probadi)

Gemapos.ID (Jakarta) - Siswi SMP Negeri 7 Bandung yang juga Atlet ice skating muda berbakat, Najla Argyanti Rahmafa berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Ice Skating bertajuk "Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2024" kategori Seluncur Indah (Figure Skating).

Kejuaraan ini berlangsung pada 6-8 Juni 2024 di Bintaro Xchange Rink (BX Rink), Bintaro Xchange Mall, Tangerang Selatan.

IISO adalah lomba figure skating yang diikuti peserta mulai balita hingga lansia. Ada 10 kategori yang diperlombakan yakni Technical, Artistic, Footwork, Spotlight, Surprise, Speed Racing, Open Freestyle, Team Compulsories, Synchro Team and Production Team. 

Antusias atlet-atlet muda dalam ajang ini tercatat meningkat. Pada tahun lalu, Indonesia Ice Skating Open diikuti 294 atlet, sedangkan tahun ini sudah terdaftar 371 atlet yaitu peserta dari tuan rumah Banten, dan juga turut meramaikan dari Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Najla, yang baru berusia 15 tahun, menampilkan performa luar biasa di kategori Technical Freestyle 4 dan Spotlight Freestyle 4 . Mengandalkan penguasaan elemen sit spin serta dengan gerakan yang lincah dan penuh percaya diri, ia berhasil memukau para juri dan penonton. Penampilannya mendapatkan skor tertinggi 5 poin.

"Saya sangat senang dan bangga bisa meraih medali emas. Ini adalah hasil dari kerja keras dan latihan selama bertahun-tahun. Saya berterima kasih kepada pelatih, keluarga, guru dan teman-teman yang selalu mendukung saya," ujar Najla seusai menerima medali.

Penggagas sekaligus Competition Director Indonesia Ice Skating Open 2024, Wiwin Salim Darmawan, mengatakan BX Rink berupaya menggelar kejuaraan figure ice skating ini secara rutin. Tahun ini adalah edisi ke-9 Indonesia Ice Skating Open.

“Kami berusaha menggelar event ini setiap tahunnya, dan jumlah peserta tahun ini meningkat signifikan dari tahun lalu,” ujar Wiwin, yang juga Manager BX Rink, dalam konferensi pers di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (6/6).

Para atlet yang mendaftar berasal dari enam ice rink, diantaranya BX Rink, Sky Rink, Oasis Centre Arena, Gardenice Skating (Bandung), SCH Ice Skating Arena (Yogyakarta) dan McSquare Ice Skating (Surabaya).

Wiwin berharap turnamen ini bisa memoles bakat para atlet usia belia. Selain itu, ajang ini diharapkan bisa menjadi bekal para atlet muda untuk menuju profesional dan berkibar merebut prestasi gemilang di kejuaraan ice skating dunia.

Terpenting, IISO menjadi ajang latih tanding untuk mempersiapkan atlet yang akan mengikuti PON 21 di Aceh, Sumatera Utara, dan Asian Winter Games di Harbin, China.

Dalam hal ini Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) Banten terus mendukung kegiatan persiapan atlet figure skating dari BX Rink, baik untuk kompetisi maupun pelatihan tingkat dunia.

“Turnamen ini bertujuan untuk mengembangkan bakat para peserta. Besar harapan kami bahwa semua minat dan bakat atlet, khususnya para atlet muda, yang akan dilewati nanti dapat menjadi bekal untuk mengembangkan potensinya secara profesional,” terangnya.

Penampilan gemilang para atlet muda ini diharapkan dapat semakin memotivasi generasi berikutnya untuk berprestasi di bidang ice skating, serta memperkuat posisi Indonesia di peta olahraga internasional.

Untuk diketahui, Sebelumnya pada bulan Januari 2024. Najla menjadi juara 1 untuk kategori yg sama (Artistic Freestyle 1) pada kejuaraan ISI Asia Championship Series 2023. (rk)