ISPE Bakal Hadir Lagi dengan Konsep "Pengadaan Berkelanjutan"

Indonesia Sustainable Procurement Expo (foto: ISPE/gemapos)
Indonesia Sustainable Procurement Expo (foto: ISPE/gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) akan kembali hadir di tahun 2024 dengan tema “Implementasi Pengadaan Berkelanjutan Melalui Efektivitas Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pemberdayaan UMKM, dan Digitalisasi Pengadaan”. Acara ini merupakan kolaborasi antara Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN) dan Keren Event Organizer, yang didukung oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Ketenagakerjaan, Komnas Perempuan, Kabupaten Bangka Tengah, IFPI, APTIKNAS, dan APJII DKI Jakarta.

ISPE telah mempertemukan lebih dari 5000 pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah, memungkinkan mereka untuk saling terkoneksi, berbagi informasi, dan mendukung pengadaan pemerintah berkelanjutan di Indonesia.

ISPE 2024 akan menghadirkan berbagai acara, termasuk opening ceremony, business matching, simposium internasional, seminar nasional, dan pameran produk katalog elektronik. Acara ini menawarkan kesempatan untuk berinteraksi dan memperoleh pengetahuan berharga di bidang pengadaan. Tahun ini, ISPE akan dibuka oleh Dr. H. Hendrar Prihadi selaku Kepala LKPP. 

"Proses pengadaan saat ini harus tidak hanya taat asas dan transparan, tetapi juga berkelanjutan. Kita harus memikirkan generasi mendatang,” ujarnya saat menjadi pembicara utama di Indonesia International Sustainable Procurement Expo 2023.

Selain itu, ISPE 2024 juga akan diramaikan oleh lomba Green Startup Summit dan UMKM Empowerment, sebagai bentuk dukungan terhadap pentingnya peran UMKM dan startup dalam meningkatkan perekonomian lokal, mengubah pasar dengan produk dan layanan berbasis teknologi, meningkatkan lapangan pekerjaan, dan memajukan UMKM Indonesia. Kriteria lomba

cukup mudah, salah satunya adalah usaha telah berdiri minimal selama satu tahun. Untuk yang berminat, pendaftaran bisa dilakukan di http://s.id/KompetisiUMKMdanStartUpISPE2024 .

ISPE 2024 juga berfungsi sebagai wadah untuk mempertemukan pelaku pengadaan dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah (K/L/PD) dengan para pelaku usaha. Hal ini bertujuan untuk memperluas penggunaan produk dalam negeri dan memperkuat kolaborasi antara sektor publik dan swasta.

ISPE 2024 akan diselenggarakan di SMESCO Indonesia pada 11 - 12 Juni 2024 mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Jangan lewatkan kesempatan ini dan daftarkan diri Anda segera di https://s.id/registrasi-ispe2024 .

Hadir juga para ahli pengadaan akan hadir sebagai narasumber di beberapa sesi seminar ISPE 2024, termasuk Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Sekretaris Utama LKPP Iwan Herniwan, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah LKPP Setya Budi Arijanta, Plt. Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital LKPP RI Patria Susantosa, Direktur Pasar Digital Pengadaan LKPP RI Yulianto Prihhandoyo, dan Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum LKPP RI Emin Adhy Muhaemin, serta banyak lagi ahli lainnya. Sesi International Symposium akan dihadiri oleh Executive Director Government Procurement Policy Board Philippines Rowena Candice M. Ruiz.

Sebagai Informasi, Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN) adalah organisasi yang terdiri dari retailer, distributor, dan pemegang merk (principal) dalam industri Katalog Elektronik di bawah naungan LKPP. AKEN berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pelaku usaha dan pemerintah untuk menciptakan iklim usaha yang sehat dan mendukung pengadaan berkelanjutan.

Sementara itu, Keren Event Organizer adalah perusahaan penyelenggara acara profesional dengan pengalaman dalam mengelola kegiatan berskala nasional dan internasional. Keren Event Organizer berdedikasi untuk memberikan layanan terbaik dan memastikan kesuksesan setiap acara.