Elon Musk Tiba di Bali, Luhut: Penuhi Undangan dan Peresmian Starlink

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyambut kedatangan CEO Tesla Inc, Elon Musk di Bali, Minggu (19/5/2024). (foto: gemapos/instagram @luhut.pandjaitan)
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyambut kedatangan CEO Tesla Inc, Elon Musk di Bali, Minggu (19/5/2024). (foto: gemapos/instagram @luhut.pandjaitan)

Gemapos.ID (Jakarta) - CEO SpaceX dan Tesla Inc. Elon Musk tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu (19/5/2024. Elon dikabarkan akan meresmikan peluncuran Starlink yang merupakan layanan internet berbasis satelit miliknya, bersama Presiden Joko Widodo di salah satu puskesmas di Denpasar, Bali pada hari yang sama.

Kedatangan Elon disambut langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan seperti dikutip Gemapos dari unggahan Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Minggu (19/5/2024).

“Setelah 2022 lalu absen di gelaran KTT G20, hari ini CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk, tiba di Bali untuk memenuhi undangan kami pada perhelatan World Water Forum ke-10,” tulis Luhut.

Dirinya mengatakan kesempatan menjemput Elon di bandara juga digunakan untuk membicarakan beberapa agenda serta kerjasama bersama pemilik sosial media X itu selama di Bali.

“Saya berksempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini, kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama disini dan tentunya beberapa kerja sama penting, salah satunya ialah peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia,” kata Luhut.

Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di salah satu puskesmas di wilayah Denpasar, Bali.

Luhut kemudian meyakini ketika akses internet yang merata di seluruh provinsi, maka digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat. Dirinya juga menyinggung soal akses internet di daerah terpencil untuk pemerataan informasi.

“Dan yang paling penting, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan,” kata Luhut.

Diketahui sebelumnya, Luhut sempat mengungkapkan bahwa peluncuran Starlink akan dihadiri sejumlah menteri lainnya.

Adapun menteri yang turut hadir dalam peluncuran Starlink adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Selain hadir di Bali untuk meluncurkan Starlink, Luhut juga mengungkapkan bahwa Elon Musk akan memberi sambutan dalam pembukaan World Water Forum Ke-10 di Bali pada Senin (20/5) pagi.

“Dia (Elon Musk) akan berbicara sebagai Prominent Speaker, dan selain itu (Elon) akan bertemu presiden di tempat opening ceremony,” ujar Luhut setelah menghadiri upacara Segara Kerthi yang digelar di Bali, Sabtu.(ns)