BMKG Prakirakan Sebanyak 19 Provinsi Berpotensi Diguyur Hujan

Ilustrasi- Hujan (foto: gemapos/ istock)
Ilustrasi- Hujan (foto: gemapos/ istock)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebanyak sembilan belas (19) provinsi di Indonesia diprakirakan akan diguyur hujan lebat pada Kamis.

Berdasarkan laman resmi BMKG di Jakarta, Kamis pagi, daerah yang berpotensi diterjang hujan lebat itu adalah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Kemudian Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Terkait hujan lebat, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai turunnya hujan yang disertai kilat atau petir di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, angin kencang pun diprediksi muncul di sebagian daerah, yakni Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Barat.

Lalu, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi turunnya hujan yang disertai dampak seperti banjir di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.(pa)