Iriana Joko Widodo Ikut Meriahkan Parade di HUT Dekranas

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Kepala Bidang Wirausaha Baru Endang Budi Karya Sumadi menerima penghargaan dari MURI di Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024). (foto: gemapos/antara)
Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Kepala Bidang Wirausaha Baru Endang Budi Karya Sumadi menerima penghargaan dari MURI di Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo ikut berpartisipasi dalam memeriahkan parade hari ulang tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan menaiki kendaraan Rajamala.

Berdasarkan pantauan di Solo, Jawa Tengah, Rabu sore, di kendaraan berhias Rajamala tersebut Iriana didampingi oleh para anggota OASE Kabinet Indonesia Maju. Selain itu, terlihat pula istri Wali Kota Surakarta Selvi Ananda.

Saat tiba di panggung kehormatan yang dikonsep layaknya stasiun dengan dilengkapi lokomotif kereta uap Jaladara, Iriana menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas pawai terpanjang.

Kemudian pada kesempatan tersebut, Ketua MURI Jaya Suprana mengatakan acara tersebut layak mendapatkan rekor di Indonesia.

"Tapi menurut saya ini juga rekor dunia, karena belum pernah terjadi di dunia peristiwa seperti ini, dengan mobil begitu banyak dan tarian indah ini," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Iriana mengkombinasikan busana kebaya dengan hiasan kepala khas suku Dayak.

Sebelumnya, Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian mengatakan pada rangkaian HUT ke-44 Dekranas juga dimeriahkan oleh karnaval Kriya dan Budaya Indonesia atau parade mobil hias.

Selain itu, ia juga mengatakan ada sekitar 104 kendaraan hias dan 1.250 peserta dari berbagai daerah baik dari Dekranas maupun PKK se-Indonesia.

"Ribuan pengurus Dekranasda dan kader PKK dari seluruh Indonesia ikut memeriahkan kirab budaya ini," katanya.(ap)