Jokowi Resmikan Bendungan Ameroro Konawe Sebagai Penyuplai Air dan Wisata

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Jalan Daerah di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin (13/5/24). (foto: gemapos/x;@jokowi)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Jalan Daerah di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin (13/5/24). (foto: gemapos/x;@jokowi)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa. Bendungan tersebut ditujukan untuk menyuplai air bagi irigasi pertanian hingga juga sebagai potensi destinasi pariwisata.

"Proyek Bendungan Ameroro yang dibangun sejak tahun 2020 dengan anggaran Rp1,57 triliun itu anggarannya cukup besar sehingga masyarakat di sekitar wilayah ini harus menjaga dan memanfaatkan dengan baik," kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi mengatakan Bendungan Ameroro yang merupakan Proyek Strategi Nasional (PSN) dibangun karena saat ini banyak negara sulit mendapatkan air.

"Makanya air yang ditampung di bendungan ini jangan terbuang percuma langsung di laut, tetapi dibuatkan bendungannya lalu dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat," kata Presiden.

Adapun Bendungan Ameroro yang dibangun di Sultra merupakan bendungan yang ke- 40 dari proyek nasional yang ada di sejumlah daerah di Indonesia. Kapasitas tampung dari Bendungan Ameroro sebesar 88 juta meter kubik dengan luas genangan sebesar 376 hektare.

Dampak positif yang dihasilkan dari bendungan itu tidak hanya sebagai suplai air bagi irigasi, namun juga dapat menjadi satu potensi pariwisata unggulan di Bumi Anoa, Sultra.

Selain itu, Bendungan Ameroro juga bertujuan untuk meningkatkan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, dan sebagai penyediaan air baku, serta pengendalian banjir.

Sedangkan manfaat lain dari bendungan Ameroro yakni dapat mengairi areal persawahan masyarakat seluas 3.363 ha, mampu mereduksi banjir di wilayah Konawe sebesar 443 meter kubik per detik, layanan air baku untuk Kabupaten Konawe 511 liter per detik serta potensi listrik 1,3 MW.

Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi yang didampingi Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, juga di pagi harinya sekitar pukul 08.30 Wita melakukan peninjauan di RSUD Konawe sebelum meresmikan Bendungan Ameroro.

Sementara itu, turut mendampingi Presiden di antaranya Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan beberapa pejabat lainnya.(pa)