Tiket Ferry Hanya Bisa Dipesan Via Daring

Ferizy
Ferizy
Gemapos.ID (Jakarta) Pemerintah memperkenalkan layanan pembelian tiket kapal penyeberangan (ferry) secara daring bernama Ferizy pada Sabtu (25/7/2020). Layanan ini dapat diakses melalui www.ferizy.com atau diunduh dari Google Playstore. Implementasi Ferizy telah berlangsung di empat pelabuhan utama ASDP, yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Langkah tersebut sebagai bagian dari upaya meminimalisasi transaksi secara tunai dan tatap muka dengan petugas di tengah pandemi Covid-19. Dengan demikian pencatatan data manifes semakin akurat sebagai dasar klaim asuransi sebagai salah satu bentuk perlindungan konsumen dari Jasa Raharja. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)menyatakan pembelian tiket via online dapat dilakukan mulai H-60 hingga maksimal 5 jam sebelum keberangkatan. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui www.ferizy.com atau aplikasi Ferizy dengan cara melakukan pendaftaran atau login sesuai alamat surat elektronik pemesan. Kemudian, pemesan dapat memilih jadwal keberangkatan, jenis layanan, dan jenis golongan kendaraan atau penumpang. Selanjutnya, klik pesan dan cari jadwal yang dilanjutkan dengan mengisi data pemesanan dan seluruh calon penumpang sesuai kartu identitasnya. Berikutnya, pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, LinkAja, Alfamart, Yomart Group, Kantor Pos, Pegadaian, atau mobile/internet banking. Pembayaran yang dilakukan melalui transfer dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500-Rp3.000. Untuk pembayaran lewat transfer virtual account (BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Permata atau modern channel dengan kode Finpay dapat dibayar melalui ATM atau mobile/internat banking melalui menu pembayaran telepon (Telkom). Pembayaran melalui Kantor Pos, Alfamart, Pegadaian, dan Yomart Group, atau Link Aja dipungut biaya Rp2.500. Jika itu telah dilakukan pemesan, maka tiket elektronik akan dikirim ke surat elektronik. Tiket elektronik akan memuat QR Code yang akan dipindai untuk memperoleh boarding pass sebelum naik ke kapal. (mam)