Indonesia Raih Tiga Medali Emas Pada Hari Pertama Wounded Homelands Games

Atlet Para renang Indonesia Muhammad Gery Pahker (tengah) menerima medali emas pada Wounded Homeland Games 2023 di Damaskus, Suriah, Senin (4/12/2023). (foto: gemapos/antara)
Atlet Para renang Indonesia Muhammad Gery Pahker (tengah) menerima medali emas pada Wounded Homeland Games 2023 di Damaskus, Suriah, Senin (4/12/2023). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Bikin bangga! pada hari pertama penyelenggaraan Wounded Homeland Games 2023 di Damaskus, Suriah, Senin (4/12), Tim Indonesia sudah berhasil meraih tiga medali emas.

Adapun atlet yang berhasil meraih medali emas yakni, Muhammad Gery Pahker dan Bayu Putra Yudha. Hal tersebut disampaikan pelatih Para renang Indonesia Didit Permadi, dalam keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia yang diterima Selasa.

Atlet Para renang Muhammad Gery Pahker membawa pulang dua emas untuk skuad Merah Putih di nomor 50 meter gaya bebas dan 50 meter gaya dada pada pertandingan yang digelar di kolam renang Tishreen Sport Hotel, Damaskus.

“Kita bangga dengan dua emas yang direbut Gery hari ini, sementara Bayu bertanding pada Selasa,” katanya.

Pada cabang Para renang, Indonesia menurunkan dua atlet yaitu Muhammad Gery Pahker dan Bayu Putra Yudha. Gery berlomba di hari pertama sedangkan Bayu di hari kedua.

Sementara itu dari cabang olahraga Para atletik, Marcelino Michael dan Rizal Bagus Saktiono masing-masing meraih emas dan perunggu di nomor tolak peluru saat berlomba di Tishreen Stadium, Damaskus, Senin (4/12).

Pelatih Para atletik Indonesia Purwo Adi Sunyoto mengungkapkan, salah satu faktor kurang maksimalnya catatan lemparan para atlet adalah karena kendala bahasa.

“Catatan lemparan belum diketahui karena ditulis menggunakan bahasa Arab dan upacara pengalungan medali baru dilakukan esok usai nomor lempar lembing diselesaikan,” kata dia.

Sedangkan, pada cabang olahraga Para bulu tangkis, Maman Nurjaman menang atas wakil tuan rumah Hossain dengan skor 21-8, 21-9 pada pertandingan pertama yang digelar di Feyhaa Sport City.

Sementara, untuk atlet Para bulu tangkis lainnya Wiwin Andri belum bertanding karena atlet tuan rumah mengundurkan diri sebelum pertandingan. Sebagai informasi, Wounded Homeland Games edisi ketiga ini masih akan bergulir di ibu kota Damaskus hingga Kamis (7/12).(ra)