Tim Argentina Terkejut Lihat RI, Kok Bisa?

Gemapos.ID (Jakarta) Argentina jadi perbincangan hangat dalam belakangan waktu, selepas dipastikan Lionel Messi Cs bakal tampil melawan tim nasional Indonesia dalam pertandingan sepak bola. Terlebih kata Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir perwakilan Argentina terkejut melihat Indonesia.

"Waktu Tim Argentina datang ke sini, mereka sangat-sangat terkejut dengan infrastruktur yang kita miliki, baik lapangan, hotel, airport, dan lain-lain," jelas Erick dalam konferensi pers, Senin (29/5).

Lantas Bagaimana sebenarnya ekonomi Argentina?

Situasi perekonomian Argentina dan Indonesia kini memang jauh berbeda. Dari sisi pertumbuhan ekonomi, Indonesia ternyata jauh berada di atas Argentina di mana Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi 5,03% per kuartal I-2023 sementara Argentina masih mencatat 1,9% pada kuartal IV-2022.

Ekonomi negara asal Lionel Messi ini memang sudah tertekan sejak Pandemi Covid-19. Ekonomi Argentina menyusut dan sempat mencatatkan penurunan penurunan ekonomi terburuk dalam hampir 20 tahun terakhir.

Di tengah gejolak ekonomi global pasca invasi Rusia ke Ukraina, Argentina juga turut tertekan. Dari sisi inflasi juga saat ini masih meninggi. Inflasi Argentina tembus 109% pada periode April 2023. Sangat jauh sekali dibandingkan Indonesia yang berada di 4.33% untuk periode yang sama.

Inflasi yang meninggi di negara tersebut membuat tingkat suku bunga tentunya menyesuaikan. Suku bunga Argentina pada Mei 2023 berada di 97% sementara Indonesia Bank Indonesia (BI) masih menahannya di angka 5.57% untuk periode yang sama.

Dari sisi angka pengangguran tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Namun masih dimenangkan oleh Indonesia pasalnya angka pengangguran Indonesia per Maret 2023 berada di 5,45%. Sementara, Argentina berada di angka 6,3% untuk periode yang sama.

Selain itu, secara year-to-date (ytd) diketahui mata uang Argentina sudah melemah 25,79% terhadap dolar sementara Rupiah mampu mencatatkan penguatan 4,33% secara tahunan.

Dari sisi ekspor Indonesia juga pemenangnya, di mana tahun 2022 ekspor Indonesia tercatat di angka US$ 291,98 miliar. Sementara, Argentina mencatat angka ekspornya di US$ 88,4 miliar.

Argentina juga merupakan negara yang terjebak dalam ekonomi berpendapatan menengah atau middle income trap. Kurangnya optimalisasi pada sumber daya manusia dan sumber daya alam membuat Argentina sulit menjadi negara maju.(da)