Calon Haji Kalsel Berusia di Atas 82 Tahun Lebih dari 190 Orang

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr. H Muhammad Tambrin saat memberikan keterangan mengenai pelayanan haji 2023 di Embarkasi Banjarmasin. (ant)
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr. H Muhammad Tambrin saat memberikan keterangan mengenai pelayanan haji 2023 di Embarkasi Banjarmasin. (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Lebih dari 190 calon haji asal Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tahun ini diberangkatkan ke Tanah Suci berusia di atas 82 tahun, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin.

Di asrama haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Senin (29/5/2023), dia mengatakan bahwa calon haji asal Kalimantan Selatan yang tertua berusia 99 tahun. Calon haji itu berasal dari Kota Banjarmasin.

"Kalau lansia usia di atas 60 hingga 70 tahun lebih banyak lagi," katanya.

Namun, dia tidak secara terperinci menyampaikan data jumlah calon haji dalam rentang usia tersebut.

Selain itu, Tambrin mengatakan, calon haji yang menggunakan kursi roda tahun ini cukup banyak.

"Pada kloter 1 ini saja saya temui itu ada tujuh yang pakai kursi roda," katanya.

Dia menyampaikan bahwa pemerintah berkomitmen menyelenggarakan pelayanan yang ramah lansia dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, mulai dari pemberangkatan jamaah ke Tanah Suci sampai pemulangan jamaah ke Tanah Air.

Embarkasi Banjarmasin pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 bertugas memberangkatkan 17 kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji ke Tanah Suci.

Jamaah calon haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Banjarmasin pada 2023 meliputi 3.818 orang asal Kalimantan Selatan dan 1.590 orang asal Kalimantan Tengah.

Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin, yang meliputi jamaah asal Kalsel, dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Senin sekitar pukul 16.30 WITA dari Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor menuju ke Kota Madinah di Arab Saudi. (ad)