Lima Calon Haji Embarkasi Solo Tak Bisa Berangkat Bersama Kloternya

Jamaah calon haji kloter 14 Embarksi Solo asal Kabupaten Kendal yang memakai kursi roda bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (28/5/2023). (ant)
Jamaah calon haji kloter 14 Embarksi Solo asal Kabupaten Kendal yang memakai kursi roda bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (28/5/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Lima calon haji dari daerah Embarkasi Solo tidak bisa berangkat ke Tanah Suci bersama kloternya karena sakit dan membutuhkan perawatan di rumah sakit menurut data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji.

Menurut Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu, lima calon haji asal Jawa Tengah yang tidak bisa berangkat bersama kloternya karena sakit sudah dirujuk ke RSUD dr. Moewardi Solo dan Rumah Sakit TNI AU Karanganyar.

Calon haji yang dirujuk ke RSUD dr. Moewardi sebanyak tiga orang, satu anggota kloter 6 asal Kabupaten Demak, satu anggota kloter 7 asal Kabupaten Demak, dan satu anggota kloter 11 asal Kota Semarang.

Dua calon haji lain yang berasal dari Kota Semarang dirujuk ke Rumah Sakit TNI AU, satu anggota kloter 11 dan satu anggota kloter 12.

Selama pelaksanaan ibadah haji belum berakhir, calon haji yang sakit dan membutuhkan perawatan di rumah sakit akan diberangkatkan ke Tanah Suci bersama dengan kelompok terbang (kloter) yang lain jika sudah dinyatakan sembuh dan layak terbang oleh dokter.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo pada Minggu dijadwalkan memberangkatkan tiga kloter jamaah calon haji, yakni kloter 13 yang meliputi jamaah asal Kota Semarang dan Kabupaten Kendal, kloter 14 yang mencakup jamaah asal Kabupaten Kendal, dan kloter 15 yang meliputi jamaah asal Kabupaten Semarang dan Kendal.

Kloter 13 Embarkasi Solo yang terdiri atas 357 orang telah diterbangkan dari Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 05.50 WIB.

Setelah pemberangkatan jamaah kloter 13, Embarkasi Solo total sudah memberangkatkan 4.655 calon haji ke Tanah Suci.

Jamaah yang tergabung dalam kloter 14 Embarkasi Solo sudah bersiap berangkat ke Tanah Suci. Mereka dijadwalkan berangkat dari Bandara Adi Soemarmo pada pukul 14.45 WIB.

Sedangkan jamaah dalam kloter 15 Embarkasi Solo dijadwalkan berangkat dari bandara tersebut pada pukul 20.45 WIB.

Pada Minggu, PPIH Embarkasi Solo dijadwalkan menerima kedatangan jamaah dalam kloter 16 asal Kabupaten Semarang. Mereka dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan pada pukul 19.00 WIB.

Gentur juga menyampaikan bahwa hingga Minggu ada enam calon haji asal Jawa Tengah yang dirawat di rumah sakit di Arab Saudi dan satu calon haji yang meninggal.

Menurut dia, calon haji yang meninggal berusia 53 tahun dan tercatat sebagai anggota kloter 3 Embarkasi Solo asal Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. (pu)