Setelah Jepang, PSSI Jajaki Kerja Sama Dengan Federasi Sepakbola Jerman

Gemapos.ID (Jakarta) Ketum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Deutscher Fußball-Bund (DFB) atau Federasi Sepakbola Jerman. Usai menjalin kerja sama dengan Japan Football Asociation (JFA), Erick Thohir bakal mencoba mendekati DFB untuk kerja sama terkait pengembangan sepakbola Indonesia.

"Kami sedang coba akan rapat dengan Liga Jerman, dengan FA Jerman. Seperti yang kemarin kami dengan Jepang, itu mereka akan bantu perwasitan Indonesia supaya transparan dan profesional," kata Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir kepada pewarta seusai menjalani pelantikan pengurus PSSI di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat 26 Mei 2023. Terkait kemungkinan kerja sama dengan Jerman, Erick Thohir mengungkapkan untuk saat ini PSSI sedang mengkaji mengenai beberapa direktur teknik yang berasal dari negara jawara Piala Dunia 2014 itu. "Untuk Jerman kita sedang lihat CV untuk direktur teknik. Jadi semua kita bikin fair dan transparan. Kami ingin membangun tadi, tradisi yang profesional dan transparan," ungkap Erick.

Pada Senin kemarin 22 Mei 2023, PSSI juga menjalin kerja sama dengan JFA untuk pembangunan sepakbola jangka panjang, khususnya Timnas Putri Indonesia.

Ditemui secara terpisah, Exco PSSI Arya Sinulingga mengungkapkan kerja sama antara Indonesia dan Jerman kali ini bakal difokuskan untuk pengembangan timnas putra terutama terkait dengan direktur teknik. "Ya sementara mengenai kompetisi dan sebagainya, nanti kami bikin konsep lalu dibawa ke sana (Jerman), dia sepakat enggak, kan ini dua pihak," kata Exco PSSI Arya Sinulingga kepada pewarta.

Arya Sinulingga juga menepis berita yang menyatakan bahwa direktur teknik timnas Indonesia putra bakal diisi oleh direktur teknik asal Jepang, namun salah satu dari beberapa nama yang beredar tentang direktur teknik asal Jepang bakal mengisi kursi direktur teknik timnas putri. "Jadi kalau ada yang bilang kemarin direktur teknik dari Jepang. Jepang untuk timnas putri. Jerman untuk putra," kata Arya Sinulingga.(da)