Resmi DIlantik, Berikut Susunan Lengkap Pengurus PSSI 2023-2027, Yunus Nusi Tetap Jadi Sekjen?

pelantikan PSSI (ist)
pelantikan PSSI (ist)

Gemapos.ID (Jakarta)  Pengurus federasi sepak bola Indonesia, PSSI, masa bakti 2023-2027 akhirnya resmi dilantik

Acara pelantikan dipimpin oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Jumat (26/5/2023) siang WIB.

Seperti diketahui, pengurus baru PSSI sejatinya sudah cukup lama terpilih melalui mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023 lalu.

Erick Thohir dipastikan menjadi suksesor Mochamad Iriawan usai mengantongi suara terbanyak dari voter.

Zainudin Amali terpilih menjadi Wakil Ketua Umum I, sementaraRatu Tisha Destria dipercaya mengemban tugas sebagai Wakil Ketua Umum II dalam struktur kepengurusan PSSI 2023-2027. 

Adapun untuk kursi Sekretaris Jenderal, Yunus Nusi masih menempati jabatan serupa. Sosok yang juga didapuk sebagai sekjen di masa kepemimpinan Mochamad Iriawan itu sempat dipertanyakan posisinya usai mengundurkan diri dari posisi wakil ketua umum dalam Kongres Luar Biasa (KLB). 

Kendati demikian, namanya kembali disebut dalam pelantikan Pengurus PSSI periode 2023-2027. Pria berusia 53 tahun itu dipastikan masih menjadi pemilik kursi Sekretaris Jenderal di bawah kepengurusan Erick Thohir.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan tanggapan usai ia dan jajarannya dilantik oleh Ketua Umum KONI Pusat di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Jumat (26/5/2023).

Erick mengaku tak merasa spesial lantaran menjadi bagian dari struktur kepengurusan federasi sepak bola Tanah Air.

Walau begitu, ia tetap memohon dukungan dari segenap pihak, baik Kemenpora, KONI, maupun KOI, agar PSSI dapat mewujudkan misi untuk menjadikan prestasi sepak bola sebagai tradisi. 

"Kami semua di sini, pengurs (PSSI), tidak pernah merasa spesial karena mengurus sepak bola itu sendiri. Kami merasa ini merupakan bagian dari olahraga Indonesia yang harus kita jaga sama-sama," tutur Erick.

"Dengan hormat dan segala kerendahan hati, saya memphon dukungan yang maksimal dari Menpora, Ketua KONI, Ketua KOI, dan seluruh kepala cabor, untuk bisa mendukung prestasi sepak bola sesuai yang kita cita-citakan: (yakni) menjadi tradisi," tandasnya pada Jumat (25/5/2023).

Ketua Umum PSSI

Erick Thohir

Wakil Ketua Umum

Zainudin Amali

Ratu Tisha

Sekertaris Jenderal

Yunus Nusi

 

Exco PSSI

Eko Setiawan

Endri Erawan

Juni Rahman

Muhammad

Rudi Yulianto

Sumardji

Vivin Cahyani

Ahmad Riyadh

Arya Sinulingga

Hasnuryadi

Peter Tanuri

Khaerul Anwar