Gerindra Konfirmasi Prabowo Bertemu Jokowi Siang Ini

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengonfirmasi bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo pada Kamis siang.

"Saya pikir pertemuan siang ini antara Pak Prabowo dan Pak Jokowi adalah hal yang biasa," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Dia menyebut bahwa agenda pertemuan tersebut dilakukan dalam konteks Prabowo selaku Menteri Pertahanan yang duduk di kabinet pemerintahan Jokowi.

"Pertemuan antara presiden dan pembantu presiden sebagai menterinya, tentu Pak Prabowo kerap kali dipanggil dan juga kerap kali harus melaporkan program-program yang sudah dijalankan," tuturnya.

Namun, dia mengaku tidak tahu apakah pertemuan tersebut dilangsungkan karena dilatarbelakangi arah dukungan yang diberikan Jokowi kepada Prabowo atau menindaklanjuti elektabilitas Prabowo yang meningkat berdasarkan hasil survei.

Dasco pun kembali menegaskan bahwa agenda pertemuan Prabowo dengan Jokowi berkaitan dengan pekerjaan yang diampunya sebagai menteri pada Kabinet Indonesia Maju.

"Saya belum tahu, tetapi yang pasti hari ini pertemuannya adalah dalam rangka soal ya pekerjaan antara atau pembicaraan antara presiden dengan menteri soal pekerjaan," ucap dia.

Sebelumnya, Pada 2 Mei 2023. Presiden Jokowi mengundang jajaran petinggi parpol koalisi melakukan pertemuan di Istana Merdeka.

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Plt. Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Adapun pada Minggu (14/5), Prabowo Subianto masuk menjadi salah satu nama hasil musyawarah rakyat yang diserahkan Ketua Panitia Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi, Panel Barus, ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada puncak musra.

"Bapak Presiden, musra telah menjaring tiga calon presiden. Yang pertama, Mas Ganjar Pranowo, yang juga capres PDI Perjuangan. Kedua, Pak Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra. (Ketiga) Pak Airlangga Hartaro, Ketua Umum Golkar," ujar Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea ketika menyampaikan sambutan di Gedung Istora, Jakarta, Minggu.

Kemudian pada Jumat (19/5), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kaget dan tidak menyangka mendapat dukungan sebagai Calon Presiden 2024 dari 15 kelompok relawan Gibran Rakabuming Raka saat acara makan malam di Angkringan Omah Semar Jajar Laweyan Solo, Jawa Tengah, Jumat malam.

"Kami bersama 15 relawan Mas Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sama-sama berkomitmen ingin Indonesia kuat, aman, dan sejahtera," kata Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra ketika mendapat dukungan sebagai Capres 2024 dari relawan di Solo. (pu)