PSSI Didesak Tiru FAT yang Hukum Pemain dan Ofisial Thailand

Indonesia vs Thailand (ist)
Indonesia vs Thailand (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Sebagian netizen di Asia Tenggara memuji keputusan tegas Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) menghukum pemain dan ofisial yang terlibat keributan di final SEA Games 2023. PSSI pun didesak untuk melakukan kebijakan serupa.

Tak dimungkiri, sejumlah pemain dan ofisial Indonesia juga terlibat keributan di partai final. Kemenangan Garuda Muda 5-2 diwarnai sejumlah insiden keributan di pinggir lapangan.

Media Thailand, Thairath, merangkum sejumlah pernyataan netizen dari berbagai negara Asia Tenggara yang mendesak PSSI untuk memberi hukuman setimpal kepada pemain mereka.

"Masih menunggu reaksi PSSI [Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia] soal ini. Beberapa pemain dan ofisial Indonesia juga perlu diperingatkan," tulis salah satu netizen.

"Saya berharap bisa melihat keputusan yang sama dari Persatuan Sepak Bola Indonesia," timpal netizen lainnya.

Sebelumnya FAT menjatuhkan hukuman kepada dua pemain dan tiga staf timnas Thailand buntut keributan di final SEA Games 2023 lawan Indonesia, Selasa (16/5).

Dua pemain Thailand, Teerapak Prueangna dan Soponwit Rakyart, harus menerima hukuman skorsing tak boleh membela timnas di semua ajang selama enam bulan ke depan.

Tak berhenti sampai di situ, kedua pemain juga mendapat hukuman tambahan dari klub mereka bermain. Buriram United memberikan sanksi potongan gaji dan larangan bermain.

FAT juga resmi menjatuhkan hukuman kepada tiga ofisial yaitu Prasadchok Chokmoh, Mayed Madada, dan Patrawut Wongsripuek berupa sanksi larangan berkecimpung di semua level sepak bola Thailand selama satu tahun.

Selain pemain, FAT juga resmi menjatuhkan hukuman kepada tiga ofisial yaitu Prasadchok Chokmoh, Mayed Madada, dan Patrawut Wongsripuek. Mereka dilarang berkecimpung di semua level sepak bola Thailand selama satu tahun.

Langkah tegas FAT untuk membangun sepak bola yang lebih beradab diharapkan bisa jadi rujukan PSSI.

"Meskipun para pemain dan ofisial Indonesia telah memaafkan tentang apa yang telah dilakukan para pemain Thailand sebelumnya, PSSI harus melakukan sesuatu, setidaknya memberi peringatan kepada mereka," tulis netizen lainnya.(da)