Tema dan Logo HUT ke-496 DKI Jakarta Tahun 2023

Gemapos.ID (Jakarta) Dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun atau HUT DKI Jakarta 2023, pemerintah provinsi (Pemprov) DKI telah merilis tema dan logo HUT DKI Jakarta 2023. Seperti diketahui HUT DKI Jakarta 2023 akan dirayakan pada tanggal 22 Juni mendatang.

Tahun 2023 ini merupakan peringatan ke-496 HUT DKI Jakarta. Lantas apa tema HUT ke-496 DKI Jakarta dan seperti apa logo peringatannya? Simak informasi lengkapnya berikut ini:

Tema HUT ke-496 DKI Jakarta Tahun 2023
Melansir situs resminya, Pemprov DKI Jakarta mengusung tema HUT ke-496 DKI Jakarta tahun 2023 yaitu "Jadi Karya untuk Nusantara". Tema ini sebagai amplifikasi slogan "Sukses Jakarta untuk Indonesia".

Makna tema HUT DKI Jakarta 2023 itu bermakna akan kesiapan Jakarta untuk mengoptimalisasi seluruh sumber daya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta pemantik kemajuan bagi daerah lain di Indonesia.

Logo HUT ke-496 DKI Jakarta Tahun 2023
Seperti dilansir situs resmi Pemprov DKI Jakarta, logo HUT ke-496 DKI Jakarta bertuliskan "Jakarta 496 Jadi Karya Untuk Nusantara". Logo ini didominasi dengan warna biru dengan menggunakan jenis huruf Montserrat.

Logo HUT DKI Jakarta 2023 itu bisa diaplikasikan pada berbagai jenis media dengan leluasa. Dan logo ini bisa diunduh dengan mudah dan diaplikasikan di seluruh desain HUT ke-496 Kota Jakarta.

Makna dan Filosofi Logo HUT DKI Jakarta 2023
Berikut ini makna warna dan filosofi logo dengan tema HUT DKI Jakarta 2023 "Jadi Karya untuk Nusantara" seperti dilansir situs resmi Pemprov DKI:

Makna Warna Jadi Karya untuk Nusantara:

Biru Muda: Mewakili pertumbuhan Jakarta menjadi Kota Global.

Biru Tua: Mewakili komitmen Jakarta dalam memberikan rasa aman bagi warga.

Hijau: Mewakili harmoni, sinergi, dan integrasi masyarakat mencapai pembangunan berkelanjutan.

Kuning: Mewakili optimisme dan harapan transformasi Jakarta dari IKN menjadi Kota Bisnis berskala global.

Merah: Mewakili keberanian dan semangat Jakarta menghadapi berbagai tantangan baru di segala sektor.

Filosofi Logo Jadi Karya untuk Nusantara:

Angka 496: Melambangkan usia Kota Jakarta di tahun 2023

Bentuk Spiral: Pergerakan, pertumbuhan, dan transformasi kota menuju Kota Bisnis berskala Global.

Kembang Api: Semangat dalam merayakan pembangunan kota yang berkelanjutan.

Manusia: Semangat sinergi seluruh warga menyambut pagelaran Internasional yang melibatkan Jakarta, seperti Keketuaan ASEAN hingga
perpindahan Ibu Kota ke IKN Nusantara.

Atap Rumah: Jakarta yang siap menjadi rumah untuk melindungi seluruh warganya tanpa terkecuali.

Sebelumnya, seperti dilansir situs resmi InfoPublik, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono selaku Ketua Panitia HUT ke-496 Kota Jakarta menjelaskan terkait tema dan logo HUT ke-496 DKI Jakarta 2023. Kata Joko, ada sekitar 500 usulan tema yang masuk melalui landing page Pemprov Jakarta.

Berbagai tema tersebut kemudian disaring oleh Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Lalu, dipilih dua tema yang diajukan kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, hingga terpilih tema "Jakarta: Jadi Karya untuk Nusantara" yang diusulkan oleh Yunita Irmania, ASN dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Dalam Pencanangan HUT ke-496 Kota Jakarta, Pj. Gubernur Heru turut memberikan piagam penghargaan kepada Yunita Irmania atas ide yang diberikan dan terpilih sebagai tema HUT Jakarta tahun ini.(da)