Berikut Untung Rugi Uji Coba Timnas Indonesia vs Argentina

Timnas Argentina (ist)
Timnas Argentina (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Uji Coba Timnas Indonesia versus Argentina yang rencananya akan berlangsung pada 19 Juni memberi dampak untung dan rugi kepada sepak bola Indonesia, khususnya PSSI.

Hal tersebut diungkapkan pengamat sepak bola nasional Muhammad Yusuf Kurniawan. Menurut Yusuf manfaat teknis pertandingan melawan tim peringkat satu dunia ini tak akan terlalu besar bagi Indonesia.

"Manfaat promosi Indonesia-nya lebih besar dibanding manfaat sepak bolanya. Timnas kita sudah pernah melawan Uruguay dan Belanda, tidak besar manfaat dari sisi teknik karena perbedaan kualitas yang terlalu jauh," kata Yusuf.

Namun demikian hal ini bisa menjadi sarana penyampaian pesan kepada dunia bahwa Indonesia siap menjadi bagian besar sepak bola internasional. Kegagalan menggelar Piala Dunia U-20 2023 bisa ditangkal lewat ajang ini.

"Kita kan baru jatuh, dianggap gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, padahal secara teknis persiapan kita sudah siap. Jadi kedatangan Argentina menjadi bukti bahwa kita sebenarnya kompeten untuk menggelar event besar," ujarnya.

Lelaki yang biasa disapa Yuke ini mengatakan, ini bisa menjadi sarana bagi PSSI untuk menjalin kemitraan dengan federasi sepak bola lainnya. Kesuksesan mengundang Argentina bisa menjadi tolok ukur.

"Untuk PSSI, ini saatnya mengorganisasi kembali penyelenggaraan event besar dan menghidupkan kembali relasi dan kerja sama dengan federasi-federasi level dunia. Networking," ujarnya.

Dengan semua latar belakang ini, Yusuf menilai kedatangan Indonesia ke Jakarta ada untung dan ruginya. Hal-hal yang menguntungkan supaya dikapitalisasi, sedang yang merugikan ditekan serendah mungkin.

"Ruginya pasti kita akan kehilangan poin FIFA, dengan asumsi bakal kalah. Jadi, mau enggak mau harus menang lawan Palestina, supaya enggak jadi defisit poin di peringkat FIFA. Untungnya ya lebih ke promosi sepak bola Indonesia," kata Yusuf.(da)