Bacaan Doa Rasulullah SAW Bagi yang Berangkat Haji

Gemapos.ID (Jakarta) Sebentar lagi musim haji akan segera tiba. Jemaah haji yang berasal dari dari negara-negara di seluruh dunia akan melakukan perjalanan ke Tanah Suci untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima, tidak terkecuali dengan Indonesia. 

 

Pada tahun 2023 ini, sebanyak ratusan ribu jemaah haji dari Indonesia akan berangkat ke Tanah Suci silih berganti. Tentu saja mereka sudah lama menunggu untuk pergi kali ini. Jemaah dari Indonesia biasanya melakukan syukuran haji sebelum berangkat ke Mekkah. 

 

Acara ini biasanya dihadiri oleh anggota keluarga, kerabat atau orang-orang terdekat. Walimatus Safar adalah acara syukuran yang didalamnya terdapat doa bersama agar calon jemaah haji selamat, dilindungi dan dilancarkan oleh Allah SWT. 

Sebagai seorang Muslim, kamu harus berdoa supaya mereka yang akan berangkat ibadah haji selamat hingga kembali ke Tanah Air. Mengutip NU Online, berikut ini adalah doa-doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk orang yang akan berangkat haji.

Di bawah ini merupakan doa Rasulullah SAW untuk orang yang berangkat haji lengkap arab, latin, dan artinya.

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Arab-latin: Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Artinya: “Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.” 

Doa tersebut dibaca Rasulullah SAW ketika salah seorang sahabatnya menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini.

“Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

Itulah doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk orang yang berangkat jemaah haji. Semoga umat Islam yang melaksanakan ibadah haji tahun ini diberi kelancaran dan menjadi haji mabrur/hajjah mabruroh. Aamiin.(da)