Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan dengan Pengusaha Jepang

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sesi Kerja Mitra KTT G7 di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023). (ant)
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sesi Kerja Mitra KTT G7 di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan melakukan pertemuan bisnis dengan sejumlah pimpinan perusahaan besar Jepang, di sela kegiatannya menghadiri KTT G7 Outreach di Hiroshima. Jepang, Minggu (21/5/2023).

"Presiden akan melakukan pertemuan bisnis dengan perusahaan-perusahaan besar Jepang dalam format CEO meeting," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers di Hiroshima, Jepang, sebagaimana tayangan video yang diterima di Jakarta Minggu pagi.

Menurut Retno, di sela kegiatan berpartisipasi dalam sesi ke-8 KTT G7 Outreach hari ini, Presiden Jokowi juga akan melakukan peletakan bunga di Hiroshima Peace Memorial Park.

Taman Monumen Perdamaian Hiroshima adalah taman yang terletak di pusat Kota Hiroshima, Jepang, yang di dalamnya terdapat berbagai monumen dan museum untuk mengingatkan umat manusia akan pentingnya perdamaian.

Menlu mengatakan selama menghadiri pertemuan KTT G7 Outreach sejak Sabtu (20/5), program Presiden Jokowi sangat padat, yakni melakukan tujuh pertemuan bilateral dengan Jepang, Inggris, Brazil, Kepulauan Cook, IMF, dan Australia.

Presiden juga hadir dalam dua sesi pertemuan KTT G7 Outreach dan menghadiri side event yang diinisiasi oleh Amerika Serikat, yaitu Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII).

Menurut Menlu, Presiden melakukan sebanyak 10 pertemuan pada hari pertama di Hiroshima, Jepang.

Presiden Joko Widodo hadir di Hiroshima, Jepang, sebagai salah satu negara mitra G7 guna menghadiri pertemuan G7 dengan negara-negara mitra atau disebut KTT G7 Outreach.

Berdasarkan catatan, Indonesia pertama kali diundang dalam G7 Outreach pada tahun 2016. (aj)