Berikut Fakta Timnas Thailand Jelang Hadapi Indonesia di Final SEA Games

Supporter Timnas Thailand (ist)
Supporter Timnas Thailand (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Thailand U-22 akan jadi batu sandungan serius bagi Indonesia. Tim berjuluk Gajah Perang ini akan jadi lawan Indonesia di final cabor sepakbola SEA Games 2023 Kamboja.

Laga sengit kedua tim akan tersaji di National Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB.

Thailand sendiri bukan lawan mudah bagi Indonesia. Apalagi Indonesia punya beberapa kali kenangan buruk kala menghadapi Thailand.

Pada SEA Games 2023, Thailand pun punya catatan apik tersendiri. Mereka belum pernah kalah. Namun, faktanya Thailand tak melulu menang di setiap laga. Mereka pernah sekali imbang.

Catatan apik lainnya, mereka sudah dua kali clean sheet. Ini bisa jadi sisi minus sekaligus plus bagi Indonesia. Sebab Indonesaia termasuk tim yang produktif dalam urusan mencetak gol pada SEA Games kali ini dengan mencatatkan 16 gol dan keobolan sekali.

Dalam fase grup, Thailand finis teratas. Tim asuhan Issira Sritato menang atas Singapura, Malaysia, dan Laos. Thailand imbang 1-1 dengan Vietnam. Di babak semifinal, Thailand menang atas Myanmar.

Thailand mampu membukukan sebanyak 12 gol. Lini belakang mereka sudah kebobolan sebanyak tiga kali, baru ada sebanyak dua clean sheet yang dicetak oleh Thailand.

Dalam catatan head to head dengan Indonesia, Thailand cukup bagus. Thailand menang 16 kali, imbang dua kali, dan menelan lima kekalahan.

Di final ada 1991, Thailand menghadapi Indonesia. Dalam laga itu, Indonesia yang menjadi pemenang. Tim Merah-Putih memetik kemenangan atas Thailand dalam laga sampai adu penalti.

"Seperti yang saya katakan misi utamanya adalah untuk menyiapkan sebanyak mungkin pemain kunci agar siao untuk final. Kami hanya mempunyai waktu dua hari untuk melakukan itu," kata Issara di Bangkok Post.

"Pemilihan tim dan taktik akan sangat bergantung pada pemain yang fit dan siap untuk memulai laga. Kami ada di final dan semua hal bisa terjadi," kata dia menambahkan.

Berikut ini perjalanan Timnas Thailand U-22 di SEA Games 2023
Thailand 3-1 Singapura
Thailand 2-0 Malaysia
Thailand 4-1 Laos
Thailand 1-1 Vietnam
Thailand 2-0 Myanmar

(da)