Ditlantas Polda Metro Jaya Berlakukan Tilang Manual Bagi Pelanggar yang Terlihat Langsung

Gemapos.ID (Jakarta)- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya  memberlakukan tilang manual bagi pelanggar yang membahayakan dan terlihat langsung  anggota di lapangan.

“Tilang manual tetap dilakukan bagi pelanggar yang ugal-ugalan yang melanggar lalu lintas dan terlihat  anggota,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Latif menjelaskan  penindakan melalui tilang elektronik (ETLE) tetap diberlakukan dan penindakan dengan tilang manual dilakukan apabila ada pelanggar yang membahayakan.

“Penindakan elektronik tetap berjalan, tetapi apabila petugas melihat pelanggaran misal itu membahayakan, ya dihentikan, ditilang,” jelasnya.

Namun begitu Latif menjelaskan tidak akan melakukan razia pengendara seperti yang sebelum-sebelumnya.

"Pemeriksaan hanya yang melakukan pelanggaran, tapi kita tidak ada razia stasioner. Jadi kalau tidak melakukan pelanggaran nggak usah takut, " ucapnya.

Pada waktu yang sama Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra menjelaskan Polda Metro Jaya kembali memberlakukan tilang secara manual di tempat-tempat yang tidak terekam  kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah Jakarta dengan menurunkan anggota di lapangan.

"Sekarang kan banyak melanggar atau yang tidak terkover  ETLE atau membahayakan pengendara baik dirinya atau orang lain. Kalau tidak ada ETLE kan bisa dilakukan penindakan manual, " katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Jhoni juga menyebut  salah satu alasannya lainnya diberlakukan tilang manual adalah untuk ketertiban pengguna jalan.

"Ini (tilang manual) untuk meningkatkan ketertiban masyarakat, " ucapnya.(ar)