Relawan 09 Deklarasikan Prabowo-Cak Imin untuk Pilpres 2024

Relawan 09 deklarasikan Prabowo Subianto-Cak Imin dalam Pemilu 2024 di Klaten, Kamis ( 4/5/2023). (ant)
Relawan 09 deklarasikan Prabowo Subianto-Cak Imin dalam Pemilu 2024 di Klaten, Kamis ( 4/5/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Relawan 09 mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto dan Abdul Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

“Kami Relawan 09 menyatakan dukungan penuh untuk Bapak Prabowo dan Cak Imin menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024. Kami percaya Pak Prabowo dan Cak Imin adalah dua tokoh yang mampu mengemban amanat rakyat dan tentu mampu memajukan Indonesia,” kata Koordinator Relawan 09 Ahmad Sabilillah dalam keterangan resminya, Kamis (4/5/2023).

 Ia menilai Prabowo-Cak Imin sebagai pasangan yang cocok dan saling melengkapi. Untuk itu, Relawan 09 yakin Indonesia akan semakin maju di bawah kepemimpinan keduanya.

Tidak hanya itu, Sabilillah mengungkapkan bahwa Relawan 09 sementara ini bergerak di wilayah Jawa Tengah.

"Relawan ini sementara bergerak di wilayah Jawa Tengah yang merupakan kantong pertempuran paling sengit di antara Capres 2024," katanya.
 
Sabilillah berujar Gerakan Nasional itu diawali dari Kabupaten Klaten dengan membagikan sejumlah paket sembako kepada masyarakat kurang mampu sebagai simbol pentingnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
 
“Alasan kami melakukan kegiatan bagi-bagi sembako sebagai langkah memaknai Sila kelima Pancasila, yaitu Keadlilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dan kami sangat yakin Pak Prabowo dan Cak Imin merupakan sosok yang mampu menghadirkan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia mendatang,” tutur Sabilillah.
 
Ia menambahkan pasangan Prabowo-Cak Imin adalah pasangan yang saling melengkapi dan realistis. Keduanya merepresentasikan dua simpul besar, yaitu nasionalis dan religius.
“Indonesia butuh sosok seperti Prabowo yang nasionalisnya tinggi, juga butuh sosok Cak Imin yang kita kenal sebagai santri. Mereka berdua ini bisa saling mengisi, nasionalis-religius,” ucap dia.
 
Sabilillah memastikan seluruh Relawan 09 akan senantiasa pasang badan memenangkan Prabowo dan Cak Imin demi mewujudkan cita-cita besar tersebut. Ia mengaku akan terus merangkul seluruh kalangan mulai dari milenial dan seluruh masyarakat lainnya.
 
“Deklarasi ini adalah pemantik kami untuk selanjutnya lebih semangat lagi turun langsung ke masyarakat, mengabarkan, dan mengajak untuk memilih Pak Prabowo dan Cak Imin. Kami tentu akan rangkul semuanya, mau itu kaum muda, milenial, sampai tokoh-tokoh masyarakat. Itu tekad kami,” tutup Sabilillah.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.
 
Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.
 
Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (pu)