Resmi Jadi Pangdam XVII/Cendrawasih, Ini Profil Mayjen Izak Pangemanan

Mayjen Izak Pangemanan
Mayjen Izak Pangemanan

Gemapos.ID (Jakarta) - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memutasi 172 perwira tinggi hingga menengah. Di antaranya adalah jabatan Pangkogabwilhan III dan Pangdam XVII/Cendrawasih.

Mutasi ini tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/426/IV/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI tertanggal 27 April 2023.

Posisi Pangdam XVII/Cendrawasih yang dijabat Mayjen Muhammad Saleh Mustafa kini digantikan oleh Mayjen Izak Pangemanan. Penasaran Bagaimana Profil Mayjen Izak Pangemanan? Yuk, simak uraian berikut ini!

Sebelum mendapat posisi Pangdam XVII/Cendrawasih, Jenderal bintang dua lulusan Akmil 1990 ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kogabwilhan III.

Karier militer Izak, sebagai infanteri dimulai dari Kopassus. Pendidikan Komando, Para, hingga Sandi Yudha sudah dijalaninya. Pria kelahiran Manado ini, sebenarnya sudah tak asing lagi dengan tanah Papua. Sejak 2001 sudah bertugas di Papua.

 

Diketahui selama 2 tahun sejak 2015, Izak pernah menjadi Danrindam XVII/Cenderawasih, sehingga menjadi Kodam Cendrawasih tak asing baginya.

Perwira tinggi TNI AD kelahiran 1969 ini, sebenarnya baru di jabatan Pangkogabwilhan III, tepatnya baru Maret 2023. Namun kini amanah baru diembannya, yakni Pangdam Cendrawasih.

Sementara itu, Izak juga pernah dilibatkan dalam sejumlah operasi di Papua seperti Satgas Tribuana Irian Jaya, Satgas BAN-5 Papua, Satgas BAN-10 Papua, Satgas BAN-11 Papua, dan Koordinator Daerah (Korda) Papua Kementerian Pertahanan (Kemhan). 

Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat Dangrup 3/Sandha Kopassus periode 2011-2013. Berbagai jabatan strategis lainnya yang pernah dia emban di antaranya Danden 1 Yon 44 Grup 4 Kopassus, Kasiops Grup 3 Sandha Kopassus, Wadanyon 33 Grup 3 Kopassus, Panbandyalat Sops Kopassus, Danyon 32 Grup 3 Kopassus, Dansatdik Sesandha Kopassus, Kadepsus Pusdikpassus, dan Wadan Grup 3 Sandha Kopassus. (ra)