Jokowi Lepas Kontingen RI untuk SEA Games 2023, Target Peringkat 1 atau 2

Jokowi lepas kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 (ist)
Jokowi lepas kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas keberangkatan 844 orang kontingen Indonesia ke Sea Games ke-32 di Kamboja. Jokowi memberi target untuk para atlet mendapat emas lebih banyak dari sebelumnya.

"Hari ini saya akan melepas kontingen Sea Games ke-32 ke Kamboja, yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet. Dan akan mengikuti 31 cabang olahraga. Saya hanya pesan di Sea Games di Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas, dan peringkat kita di peringkat ke 3," ujar Jokowi saat memberi arahan di lapangan Istana, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Jokowi kemudian memberi target kepada para atlet untuk membawa medali emas lebih dari Sea Games di Vietnam. Jokowi juga meminta peringkat kejuaraan Indonesia juga meningkat.

"Nah sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3, piliannya hanya ada 2, peringkat 1 atau 2," imbuh Jokowi.

Jokowi mengingatkan untuk mendapat target itu tidak gampang. Karena itu dia meminta para atlet bekerja keras.

"Ini bukan target yang gampang, bukan target yang mudah, tapi saya melihat atlet yang hadir di sini, maupun yang berangkat tentunya telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk berlaga bertanding di Kamboja," kata Jokowi.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirahim, pada pagi hari ini kontingen Sea Games ke 32 di Kamboja tahun 2023 saya nyatakan diberangkatkan," tutup Jokowi.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan kontingen Indonesia akan mengikuti 31 cabang olahraga dari total 36 cabang olahraga yang dipertandingkan. Jumlah atlet yang mengikuti Sea Games sebanyak 599 atlet.

Adapun total kontingen yang berangkat ke Kamboja sebanyak 844 orang. Jumlah tersebut terdiri dari para atlet, pelatih, official, serta dukungan tim head quarter dan tenaga keolahragaan, dan juga ada tim recovery dengan total kontingen 884 orang.

Dito mengatakan saat ini beberapa cabang olahraga sudah bertanding lebih awal seperti sepak bola, kriket, dan hoki indoor. Rombongan besar ini akan berangkat pada 4 Mei 2023 mendatang.(da)