Update Terkini Speedboat Evelyn Calisca 01 Terbalik, Korban Tewas Jadi 12 Orang

Update Terkini Speedboat Evelyn Calisca 01 Terbalik, Korban Tewas Jadi 12 Orang  (ist)
Update Terkini Speedboat Evelyn Calisca 01 Terbalik, Korban Tewas Jadi 12 Orang (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Data sementara korban tewas insiden kecelakaan Speedboat Evelyn Calisca 01 dari Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau tujuan Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (27/4/2023) berjumlah 12 orang.

Dari 12 penumpang meninggal dunia itu, di antaranya anak-anak, balita dan dewasa.

"Ya data terkonfirmasi saat ini sebanyak 12 orang meninggal dunia, terkait perkembangan lainnya akan segera diinformasikan," kata Kapolres Inhil AKBP Norhayat yang ikut melakukan pencarian terhadap korban.

Diketahui, Speedboat Evelyn Calisca 01 mengangkut puluhan penumpang dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan.Speedboat itu mengalami kecelakaan terbalik sekira pukul 13.40 WIB di perairan Air Tawar, perbatasan antara Kecamatan Kateman dan Pulau Burung. Atau lebih kurang 4 jam setelah meninggalkan Pelabuhan Pelindo Tembilahan.

Pasca kecelakaan, Speedboat Evelyn Calisca 01 sudah ditarik oleh kapal masyarakat setempat menuju Pelabuhan Sungai Guntung di hari yang sama untuk mempermudah pencarian korban.

"Terkait penyebab dan kronologis kecelakaan belum dapat kami pastikan nanti itu, saat ini kami masih fokus pada penyelamatan dan pencarian para korban," ujarnya.

Dalam peristiwa ini, Kapolres Inhil AKBP Norhayat menegaskan pentingnya sinergi regulator, operator dan pengguna jasa dalam mewujudkan keselamatan pelayaran.

"Kami minta dukungan dari operator dalam hal ini pemilik kapal dan Nakhoda untuk juga mengutamakan keselamatan pelayaran agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa yang akan datang," tukasnya tegas.

Sementara itu pada Kamis malam, Kantor SAR Pekanbaru kembali mengupdate korban speedboat terbalik, SB Evelyn Calista 01, Kamis (27/4/2023) di perairan Guntung, Pulau Burung, Indragiri Hilil, Riau.

Update pada Kamis malam, didapat data korban selamat sebanyak 58 orang.

Korban meninggal dunia sebanyak 11 orang yang saat ini berada di RSUD Raja Musa, Sei Guntung, Kecamatan Kateman, Inhil, Riau.

"Sembilan orang masih dalam pencarian," kata kepala Kantor SAR Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya, Kamis malam (27/4/2023).

Data sementara, lanjutnya, ada 78 orang penumpang. Namun, lanjutnya, Tim Rescue Pos SAR Tembilahan sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan jumlah penumpang.

Data penumpang saat ini memang simpang siur. Awalnya jumlah penumpang disebut sebanyak 57 orang yang terdiri dari 1 kapten kapal, 5 orang ABK dan penumpang sebanyak 51 orang.

Kemudian berubah lagi menjadi sebanyak 63 orang yang terdiri dari 5 orang ABK, 45 orang dewasa 6 orang anak-anak. 7 orang penumpang naik dari Pulau Guntung.

Sekarang jumlah penumpang menjadi 78 orang.