BMKG: Sebagai Wilayah Bengkulu Akan Mulai Dilanda Kemarau Pada Awal Mei

Ilustrasi: beberapa tanaman jagung kecil di tanah yang dikeringkan. kerusakan yang terlihat pada daun karena suhu tinggi
Ilustrasi: beberapa tanaman jagung kecil di tanah yang dikeringkan. kerusakan yang terlihat pada daun karena suhu tinggi

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan mulai Mei 2023 sebagian wilayah di Provinsi Bengkulu akan dilanda kemarau.

"Mulai Mei ini, mulai dari Kabupaten Mukomuko yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat akan dilanda kemarau, kemudian wilayah lainnya juga akan mengikuti," kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Provinsi Bengkulu Anang Anwar di Bengkulu, Kamis.

Menurut Anang seluruh Provinsi Bengkulu akan secara bertahap dilanda kemarau pada rentang Mei hingga Agustus 2023. Selain Kabupaten Mukomuko, kabupaten dan kota lainnya diprediksi memasuki musim kemarau pada Juni 2023.

Kemudian, lanjut dia musim hujan di Provinsi Bengkulu diperkirakan baru mulai lagi pada September 2023. Meskipun kemarau melanda Bengkulu, BMKG menyampaikan masyarakat tak perlu terlalu khawatir karena provinsi tersebut tak akan kekeringan parah.

"Walaupun kemarau, tapi Bengkulu tidak akan kering, soalnya Bengkulu pada situasi normal tingkat curah hujannya tinggi kalau dibandingkan dengan daerah lain, dan saat kemarau tetap akan mendapatkan hujan," ucapnya.

Curah hujan di Bengkulu saat ini masih berada pada intensitas menengah yakni dengan curah di atas 150 mm. Menurut BMKG curah hujan dibagi menjadi tiga kategori, curah hujan intensitas rendah 0-100 mm, menengah 100-300 mm, dan tinggi 300-500 mm.

"Memasuki Juli dan Agustus, Bengkulu masih akan diguyur hujan, gerimis. Jadi tidak benar-benar kering kemarau," kata dia.

Namun, BMKG tetap mengingatkan warga untuk bersiap menghadapi kemarau, dan juga memanfaatkan air dengan efisien, tidak boros penggunaan air.(ri)