Antisipasi Kejahatan, Polres Situbondo Masih Lakukan Patroli di Permukiman Warga

Petugas Kepolisian Resor Situbondo patroli rumah kosong ditinggal mudik Lebaran. Senin (24/4/2023) malam
Petugas Kepolisian Resor Situbondo patroli rumah kosong ditinggal mudik Lebaran. Senin (24/4/2023) malam

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur membentuk Satgas Operasi Ketupat Semeru 2023 untuk melaksanakan patroli di permukiman warga guna antisipasi aksi kejahatan rumah kosong yang ditinggal mudik Lebaran.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan bahwa pada musim libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah banyak rumah kosong yang ditinggal penghuninya untuk mudik rentan menjadi sasaran aksi kriminal pelaku kejahatan.

"Saat libur Lebaran banyak rumah kosong ditinggalkan penghuninya mudik. Kondisi ini dapat memancing pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya. Jadi, Satgas Operasi Ketupat Semeru bertugas melakukan patroli," katanya di Situbondo, Senin.

Oleh karena itu, lanjut Kapolres, untuk menciptakan keamanan di wilayah hukum Polres Situbondo, polisi proaktif melakukan patroli ke permukiman warga, terutama ke perumahan-perumahan yang sepi karena ditinggal mudik.

"Kami siagakan personel untuk patroli memantau rumah warga yang ditinggal pemiliknya mudik, hal ini untuk mencegah aksi kriminalitas selama libur lebaran," kata AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Kapolres mengemukakan, anggotanya tidak hanya melaksanakan patroli, tapi juga berkoordinasi dengan RT/RW setempat untuk memberikan informasi kepada kepolisian apabila terjadi gangguan kamtibmas dapat segera direspon oleh petugas di lapangan.

Di sela melaksanakan patroli di permukiman warga, personel patroli juga menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat.

"Kami juga imbau agar supaya warga sekitar yang tetangganya mudik, untuk ikut menjaga keamanan di lingkungannya. Dengan begitu, selama libur Lebaran tercipta kamtibmas yang aman dan kondusif," ujar Kapolres Situbondo.(ri)