Jalur Cinomati Bantul Dihilangkan dari Google Maps Selama Libur Lebaran

foto google maps (ist)
foto google maps (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Polres Bantul, DI Yogyakarta, berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menonaktifkan jalur Cinomati dari Google Maps saat libur Lebaran 2023. Hal ini untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.  Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Bantul, dan Google terkait penghapusan sementara arah Cinomati dari Google Maps. 

"Cinomati tutup, kita sudah berkomunikasi dengan Kominfo dan Google, jadi nanti pada saat Lebaran, orang mau lewat itu tidak ada lagi keluar Cinomati," kata Ihsan kepada wartawan di Bantul, Senin (17/4/2023) malam. 

"(Penghapusan sementara ini) Selama cuti bersama, setelah itu kita buka lagi. Kita juga siapkan pos pantau, karena biasanya orang lewat situ karena sudah terbiasa," kata dia.

Dikatakannya, pihaknya memprediksi kenaikan lonjakan arus mudik Lebaran akan terjadi pada H-3 Lebaran, dan lonjakan arus lalu-lintas di Bantul justru akan terjadi setelah Lebaran sampai H+3, karena pemudik yang akan berkunjung ke obyek wisata di Kabupaten Bantul.

Adapun destinasi wisata di Bantul, yang paling diminti wisatawan yakni Parangtritis dan sekitar wisata kalurahan Mangunan. Hasil koordinasi dengan  pemkab dan kalurahan akan dilakukan rekayasa arus lalulintas.  "Untuk kendaraan yang ke Mangunan dari HeHa Sky View (Patuk, Gunungkidul) tidak diperbolehkan bagi bus, turun lagi," kata dia.

Sebab, biasanya rombongan bus setelah dari Heha langsung menuju ke wilayah Bantul melalui Mangunan. Untul libur Lebaran nanti harus turun melalui Piyungan. 

Bus dari Heha untuk ke Mangunan adalah melalui jalan Imogiri-Dlingo. Nantinya bus yang masuk Mangunan dari jalur Imogiri-Dlingo juga tidak bisa keluar ke Patuk, tapi harus berputar lagi dan keluar melalui jalur Imogiri-Dlingo. Terkait Google Maps, pada Selasa (18/4/2023) sekitar pukul 10.58 WIB dari Wonosari, Gunungkidul mencoba menuju ke Segoroyoso, Pleret Bantul. Namun, oleh Google maps salah satu rekomendasi terdekat tetap melalui jalur Cinomati.