Panglima TNI: Bazar di Mabes TNI Bertujan Bantu Prajurit Penuhi Kebutuhan Lebaran

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (dua kiri), Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali (kiri)
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (dua kiri), Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali (kiri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan bazar murah di kompleks Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta, bertujuan membantu prajurit dan masyarakat di sekitar Mabes TNI berbelanja barang kebutuhan untuk Lebaran.

Usai membuka bazar, Kamis, Yudo menyampaikan Mabes TNI bekerja sama dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta mitra-mitra lainnya untuk menyediakan berbagai barang, di antaranya pakaian, cemilan dan aneka kue khas Lebaran, makanan dan minuman, sampai pernak-pernik untuk dekorasi rumah.

"Tujuan kami memberi kesejahteraan kepada prajurit dan keluarga, juga masyarakat sekitar sini menjelang Hari Raya Idul Fitri; sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dengan barang-barang murah mulai dari makanan, pakaian, dan barang-barang yang diperlukan," kata Yudo.

Bazar tersebut juga digelar di seluruh jajaran TNI mulai dari Sabang sampai Merauke.

"Kemarin sudah saya sampaikan kepada kepala staf dan jajaran supaya menggelar bazar ini. Memang tidak serentak hari ini, ada yang mulai kemarin, hari ini, besok, dan menjelang hari raya. Semuanya kami kerahkan untuk menggelar bazar murah," tambahnya.

Di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, bazar yang diselenggarakan selama dua hari hingga Jumat (14/4) itu terdapat 305 kios UMKM di sekeliling Gedung Soedirman.

Yudo menyampaikan kios-kios yang menjajakan dagangannya tidak hanya dari mitra Mabes TNI, Mabes TNI Angkatan Darat, Mabes TNI Angkatan Laut, dan Mabes TNI Angkatan Udara; tetapi juga dari pedagang di pasar-pasar tumpah di sekitar kompleks Mabes TNI.

Menurutnya, beberapa barang yang dijual di bazar itu lebih murah dari harga rata-rata di pasaran karena beberapa pedagang menjual dengan harga grosir.

"(Barang-barang) Ini langsung dari sumbernya, grosirnya, tidak melalui pihak ketiga, tetapi langsung di grosirnya; sehingga mendapatkan harga yang murah. Tentunya juga dengan mitra-mitra yang memiliki grosir, kami minta langsung ke sini sehingga dapat langsung dibeli oleh masyarakat," ujar Yudo.

Dalam peresmian bazar murah di kompleks Mabes TNI, Jakarta, Yudo didampingi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Ketua Umum Dharma Pertiwi Vero Yudo Margono bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman, Ketua Umum Jalasenastri Fera Muhammad Ali, Ketua Umum PIA Ardhya Garini Inong Fadjar Prasetya turut mendampingi para pimpinan TNI berkeliling meninjau kios-kios dan berbelanja.(pu)