Project Gila Jeff Bezos, Bangun Jam Raksasa Yang Hidup Hingga 10.000 Tahun

Jam raksasa Jeff Bezos (ist)
Jam raksasa Jeff Bezos (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Jeff Bezos kini tengah bekerja sama dengan para Insinyur dan kontraktor, dan tengah membangun jam raksasa multi-ruangan yang sangat besar di dalam sebuah gunung di Texas Barat.  Tak sembarang jam, itu akan menunjukkan waktu selama 10.000 tahun ke depan dan menghabiskan dana kurang lebih sebesar $42 miliar dolar atau Rp600 triliun Rupiah.

Melansir Popular Mechanics, banyak kejutan dalam kisah yang bernama Clock of The Long Now itu. Jam ini adalah gagasan dari Danny Hillis, seorang ilmuwan komputer dan pengusaha yang pertama kali membayangkan jam 10.000 tahun pada tahun 1986. 

Sekarang, dia adalah profesor tamu di MIT Media Lab dengan reputasi untuk membangun superkomputer, robot dinosaurus otonom, dan wahana taman hiburan Disney. Dia persis tipe pria yang memutuskan ingin membangun jam ribuan tahun yang besar di gunung.

Bagaimana cara kerja jam tersebut?

Nah, lamanya waktu yang terlibat adalah tantangan teknik yang besar. Jam dirancang untuk berdetak hanya sekali setahun dan berpadu sekali per milenium. Para ahli sedang meledakkan ruangan dari bagian dalam gunung untuk memasang tumpukan roda gigi dan roda gila steampunky. 

Menurut Jeff Bezos, pendiri Amazon dan salah satu orang terkaya di planet ini, jam itu akan setinggi 500 kaki atau 150 meter, "Semuanya mekanis, ditenagai oleh siklus termal siang/malam dan disinkronkan pada siang hari," jelasnya.

Hillis memulai Long Now Foundation pada 1996 untuk bertindak sebagai dukungan administratif untuk jam 10.000 tahunnya.

Wired melaporkan secara mendalam tentang jam dan persahabatan lama antara Hillis dan Bezos, pada tahun 2011: “Sekitar tahun 2005, keduanya menjadi serius dan mulai membuat rencana untuk membuat jam di Bezos properti di Pegunungan Sierra Diablo," tulis laporan.

Jeff Bezos menjelaskan jam itj sebagai cara untuk mengingatkan orang bahwa masa depan yang jauh tidak hanya ada, tetapi akan terjadi pada keturunan mereka. Konstruksi jam raksasa itu ternyata sudah dimulai pada tahun 2018, tanpa akhir yang terlihat. Lokasi terpencil yang dipilih agar jam dapat dibangun di tanah Bezos sendiri, tetapi sepertinya, secara desain, kebanyakan orang tidak akan pernah bisa melihat jam tersebut secara langsung.