Menteri PUPR: Sejumlah Tol Jawa dan Sumatra Siap Berikan Diskon 20 Persen

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) siap memberikan diskon 20 persen untuk tarif tol di Pulau Jawa, serta ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung dan ruas Tol Binjai-Medan di Sumatera selama periode mudik Lebaran 2023.

"Tol di Jawa sudah saya setujui 20 persen diskon. Dua hari sebelum libur dan dua hari setelah libur. Kemarin sudah ada usulan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Diskon tersebut diberikan dua hari sebelum periode cuti bersama Lebaran dan dua hari setelahnya.

Di Sumatera, tarif tol yang mendapat diskon 20 persen adalah ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung dan ruas Tol Binjai-Medan.

“Jadi saya kira yang mudik dan balik nanti ada diskon, terutama Bakauheni ke Terbanggi Besar-Kayu Agung dan sebaliknya,” kata dia.

Meski demikian, kata Basuki, masih ada ruas tol yang belum menerapkan diskon, seperti tol Tangerang-Merak.

"Saya tunggu Merak belum ada ajuannya. Mudah-mudahan beliau bisa memberikan diskon di situ," kata dia.

Selama arus mudik Lebaran 2023, Basuki mengatakan Presiden Joko Widodo juga sudah memerintahkan agar semua ruas tol yang berstatus fungsional dapat dimanfaatkan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Selain itu, jalan nasional juga disiapkan untuk mendukung arus mudik tahun ini.

"Mudah-mudahan sudah siap untuk arus mudik dan arus balik," kata dia.

Secara keseluruhan, Basuki mengatakan pihaknya sudah menambah prasarana untuk kelancaran arus mudik dan balik pada Lebaran 2023 ini.

Misalnya, dengan pelebaran jalur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pelebaran jalur di sekitar tempat istirahat (rest area) Tol Cipali, penambahan luas tempat istirahat (rest area) tol, penggunaan Tol Cisumdawu, Jawa Barat, dan pengurangan hambatan (debottlenecking) di akses Solo ke Yogyakarta.(ra)